Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan "Tambalan" untuk Bebaskan Galaxy Nexus

Kompas.com - 05/07/2012, 16:09 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hakim Federal Amerika Serikat Lucy Koh tidak mengabulkan permohonan Samsung untuk menunda putusan sementara atas pelarangan penjualan smartphone Galaxy Nexus terkait pelanggaran paten Apple, pada Selasa (3/7/2012).

Beberapa jam setelahnya, Google, yang membantu Samsung dalam permasalahan hukum ini, menyatakan bahwa sebuah patch software sedang disiapkan agar Galaxy Nexus tetap dapat dijual di Amerika Serikat.

Patch tersebut dimaksudkan untuk memodifikasi software pada smartphone yang bersangkutan agar tidak lagi melanggar paten Apple yang berhubungan dengan fungsi Search.

Caranya adalah dengan membatasi fungsi "quick search bar" pada Homescreen sistem operasi Android milik Galaxy Nexus sehingga hanya menampilkan hasil search dari internet. Hasil search lokal tidak akan ditampilkan, termasuk oleh voice search.

Pelanggaran paten yang dilakukan Samsung pada Galaxy Nexus terkait dengan US Patent dengan nomor 8.086.604 milik Apple tentang fungsi search yang mampu mencari data dari beragam lokasi dengan input dari sebuah antarmuka pencarian terpadu.

Patch yang bersangkutan akan tersedia untuk smartphone Samsung Galaxy Nexus dari semua provider seluler di Amerika Serikat dan akan bisa di-download Over the Air (OTA) sesegera mungkin.

Galaxy Nexus sendiri telah "menghilang" dari Google Play Store. Google mengatakan bahwa smartphone yang sudah mulai memasuki pasar Amerika Serikat pada April lalu ini untuk sementara tidak dijual. Minggu depan, menurut Google, Galaxy Nexus akan kembali tersedia.

Apple telah membayar uang jaminan ganti rugi sebesar hampir 96 juta dollar AS atau sekitar Rp 902 miliar kepada pengadilan sehingga pelarangan penjualan Samsung Galaxy Nexus telah berlaku efektif.

Galaxy Nexus penting bagi Google karena smartphone ini akan menjadi perangkat pertama yang menerima update OS Android 4.1 atau "Jelly Bean". Google menjelaskan bahwa persoalan pelanggaran paten tersebut terbatas pada Galaxy Nexus dan tidak akan terbawa pada update OS Jelly Bean.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.