Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung Laksono Bantah Isu Penundaan Sail Morotai

Kompas.com - 04/07/2012, 14:13 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menepis isu tentang penundaan pelaksanaan Sail Morotai karena terkendala kesiapan infrastruktur pendukung.

Agung malah mengaku optimistis pelaksanaan infrastruktur pendukung Sail Morotai sudah bisa rampung sebelum pelaksanaan acara. Terlebih lagi, Agung juga optimistis pelaksanaan Sail Morotai tetap digelar sesuai rencana, yakni 15 September 2012.

Hal ini disampaikan Agung disela-sela kunjungannya ke lokasi Sail Morotai di Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (4/7/2012).

Kepada KOMPAS.com, Agung membantah kedatangannya ke Morotai kali ini karena ada masalah tentang kesiapan infrastruktur Sail Morotai. Sebab, dalam kunjungan Agung sebelumnya di Morotai bersama Kapolri dan Panglima TNI beberapa waktu lalu, Agung pernah berjanji tidak akan kembali ke Morotai sebelum pelaksanaan Sail Morotai.

Nyatanya, Agung memboyong dua Menteri lainnya untuk berkunjung ke Morotai, siang ini. "Kan tidak ada yang larang saya datang ke sini. Morotai ini daerah saya juga, jadi kapan saja saya bisa datang," kilah Agung saat diwawancarai.

Dia mengatakan, kunjungannya kali ini dalam rangka memastikan kesiapan infrastruktur pendukung Sail Morotai yang hingga kini sebagiannya masih dalam tahap pekerjaan.

Setelah mengunjungi sejumlah proyek infrastruktur pendukung Sail, Agung mengatakan semuanya sudah bisa dirampungkan pada akhir Agustus mendatang. "Untuk fisiknya ya, termasuk home stay," ujar Agung.

Menteri yang sudah empat kali berkunjung ke Morotai ini bahkan menegaskan pelaksanaan Sail Morotai tetap dilaksanakan sesuai rencana, 15 September mendatang. Masalah infrastruktur yang hingga kini masih banyak yang belum selesai, Agung mengatakan tidak ada masalah.

"Masih ada waktu optimal dua bulan lagi. Jadi dalam kurun waktu itu semua bisa dirampungkan. Untuk pelaksanaan Sail, seharusnya digelar pada 15 September dan Insya Allah bisa," tandas Agung dengan nada sedikit berharap.

Sementara itu, kabar yang tersiar ada lima menteri yang berkunjung ke Morotai, namun ternyata hanya ada tiga menteri yang datang. Selain Agung Laksono, ada Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo. Dua Menteri yang sebelumnya dikabarkan juga datang adalah, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan Menteri PU Djoko Kirmanto.

Rombongan tiba di Morotai, mendapat sambutan hangat dari masyarakat Morotai. Ketiganya disambut dengan tarian Soya-soya saat tiba di Bandara Pitu Strip Morotai. Ketiga Menteri ini selama kurang lebih dua jam di Morotai, melakukan kunjungan di berbagai titik yang berkaitan dengan pelaksanaan Sail Morotai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com