Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Khas Kendal Dilombakan

Kompas.com - 03/07/2012, 18:49 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Sebanyak 89 orang mengikuti lomba membatik di halaman parkir kantor Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kendal, Selasa (3/7/2012). Lomba yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini untuk memperingati Hari Jadi Ke-407 Kabupaten Kendal.

Bupati Widya Kandi Susanti membuka lomba batik ini dengan menandai coretan pewarna batik ke selembar kertas. Widya mengatakan, lomba membatik khas Kendal baru pertama diselenggarakan sebagai wujud keseriusan Pemkab Kendal dalam mengembangkan dan memperkenalkan batik ke masyarakat luas. Menurutnya, batik khas Kendal yang ditemukan pada tahun 2004 silam, ternyata keindahanny  tidak kalah dengan batik dari daerah lain. "Motif batik khas Kendal adalah flora fauna. Warnanya juga cerah," kata Widya. Widya berharap, usai lomba ada peserta yang mau membuka usaha batik rumahan. Pemkab sendiri siap membantu permodalan dan pemasaran.

Semantara itu, panitia lomba membatik, Niken Beni Karnadi mengatakan tema lomba membatik adalah 'Memperkenalkan dan Mencintai Batik Khas Kendal'. Tujuan diambilnya tema ini adalah untuk mengajak masyarakat mengenali dan mencintai batik khas Kendal. Pasalnya, masih banyak masyarakat Kendal yang belum kenal dengan batik khas daerahnya sendiri. "Banyak masyarakat Kendal sekarang ini yang sudah bisa membatik. Lomba ini untuk menyemangati mereka supaya tetap berkarya dan mau membatik. Syukur bisa menjadi pengusaha batik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com