Batik Khas Kendal Dilombakan

Kompas.com - 03/07/2012, 18:49 WIB
|
EditorFarid Assifa

KENDAL,KOMPAS.com - Sebanyak 89 orang mengikuti lomba membatik di halaman parkir kantor Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kendal, Selasa (3/7/2012). Lomba yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini untuk memperingati Hari Jadi Ke-407 Kabupaten Kendal.

Bupati Widya Kandi Susanti membuka lomba batik ini dengan menandai coretan pewarna batik ke selembar kertas. Widya mengatakan, lomba membatik khas Kendal baru pertama diselenggarakan sebagai wujud keseriusan Pemkab Kendal dalam mengembangkan dan memperkenalkan batik ke masyarakat luas. Menurutnya, batik khas Kendal yang ditemukan pada tahun 2004 silam, ternyata keindahanny  tidak kalah dengan batik dari daerah lain. "Motif batik khas Kendal adalah flora fauna. Warnanya juga cerah," kata Widya. Widya berharap, usai lomba ada peserta yang mau membuka usaha batik rumahan. Pemkab sendiri siap membantu permodalan dan pemasaran.

Semantara itu, panitia lomba membatik, Niken Beni Karnadi mengatakan tema lomba membatik adalah 'Memperkenalkan dan Mencintai Batik Khas Kendal'. Tujuan diambilnya tema ini adalah untuk mengajak masyarakat mengenali dan mencintai batik khas Kendal. Pasalnya, masih banyak masyarakat Kendal yang belum kenal dengan batik khas daerahnya sendiri. "Banyak masyarakat Kendal sekarang ini yang sudah bisa membatik. Lomba ini untuk menyemangati mereka supaya tetap berkarya dan mau membatik. Syukur bisa menjadi pengusaha batik," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X