Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex : KTP, SIM, Akta Kelahiran, Menikah Gratis

Kompas.com - 02/07/2012, 16:25 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

KEPULAUAN SERIBU, KOMPAS.com - Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono berjanji apabila mereka terpilih sebagai DKI-1, satu hari setelah mereka dilantik akan memberlakukan pengobatan dan pendidikan gratis. Hal itu diutarakan saat rangkaian kampanyenya di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. Rute kampanye itu dimulai dari Pulau Kelapa.

"Insya Allah, kalau kami terpilih sehari sejak dilantik, akan diberlakukan pengobatan gratis, sekolah gratis (SD, SMP, SMA dan sederajat). Buat kita semua," kata Alex Noerdin, di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Senin (2/7/2012) siang.

Alex mengatakan, apabila dirinya terpilih di Pilkada DKI, 11 Juli 2012 nanti, warga Jakarta gratis berobat cukup dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Ia merasa miris sebab tak jarang yang menderita lumpuh layu di wilayah Pulau Kelapa atau di Kepulauan Seribu. Menurut Alex, ini disebabkan lantaran akses pengobatan sulit untuk rakyat serta air bersih yang kurang bisa dinikmati.

"Tadi kami lihat ada yang lumpuh. Bagaimana kita mau sehat, berobat susah, dan nggak ada air bersih. Di Puskesmas belum gratis ya, obat kadang habis, bahkan harus urus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)," katanya.

Bukan hanya itu, Alex juga berjanji akan menggratiskan banyak hal seperti buat KTP gratis, SIM gratis, menikah gratis, anak lahir dibuatkan akte gratis, bantuan hukum gratis bagi yang tidak mampu, serta yang meninggal dunia akan medapatkan santunan Rp 3 Juta yang langsung diserahkan kepada ahli warisnya. Tetapi menurutnya janjinya bukan hanya janji.

"Ini bukan sekadar janji. Saya sudah lakukan sejak tahun 2002 bahkan sampai saat saya menjabat sebagai Gubernur Sumatra Selatan," kata Alex Noerdin.

Pernyataan itu dikuatkan Nono Sampono. Menurut Nono, janji yang dikampayekan untuk Pilkada DKI ini sudah hampir seluruhnya terealisasi. Sebut saja, janji pengobatan gratis. "Lihat dulu siapa yang berjanji. Janji pengobatan gratis dan lain sebagainya sudah Pak Alex laksanakan," ujar Nono, Senin.

Rangkaian kampanye Alex-Nono kali ini akan mengunjungi beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu, seperti Pulang Kelapa, Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com