Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Dilarang Jual "Smartphone" Galaxy Nexus

Kompas.com - 02/07/2012, 16:18 WIB

KOMPAS.com — Apple Inc lagi-lagi untuk sementara menang melawan Samsung Electronics Co. Kali ini, pengadilan distrik San Jose, California, melarang Samsung menjual ponselnya, Galaxy Nexus, karena adanya gugatan pelanggaran hak cipta.

Sebelumnya, pengadilan yang sama juga melarang Samsung memasarkan komputer tabletnya, Samsung Galaxy Tab 10.1, di Amerika Serikat.

Menariknya, perintah pengadilan ini diputuskan oleh hakim yang sama, yakni Lucy Koh. Koh mengatakan, perintah penarikan Nexus ini akan merugikan Samsung. Namun bila tidak ditarik, justru Apple yang mengalami kerugian yang lebih besar.

Analis Yanke Group Carl Howe menilai, perintah pengadilan ini suatu masalah besar. "Samsung merupakan pesaing terhebat dan tersukses bagi Apple dalam bisnis ponsel sehingga menang melawan kompetitor itu sesuatu yang amat besar," katanya.

Berdasarkan data IDC, Samsung saat ini telah menjadi produsen ponsel terbesar di dunia. Perusahaan Korea Selatan ini telah menguasai 29,1 persen pangsa pasar dunia, sementara Apple hanya 24,2 persen.

Perintah pengadilan ini tentu saja membuat Samsung kecewa. "Pengadilan Amerika Serikat telah membatasi konsumen untuk memilih ponsel di pasar," kata juru bicara Samsung, Adam Yates. (KONTAN/Edy Can)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com