Samsung Dilarang Jual "Smartphone" Galaxy Nexus

Kompas.com - 02/07/2012, 16:18 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Apple Inc lagi-lagi untuk sementara menang melawan Samsung Electronics Co. Kali ini, pengadilan distrik San Jose, California, melarang Samsung menjual ponselnya, Galaxy Nexus, karena adanya gugatan pelanggaran hak cipta.

Sebelumnya, pengadilan yang sama juga melarang Samsung memasarkan komputer tabletnya, Samsung Galaxy Tab 10.1, di Amerika Serikat.

Menariknya, perintah pengadilan ini diputuskan oleh hakim yang sama, yakni Lucy Koh. Koh mengatakan, perintah penarikan Nexus ini akan merugikan Samsung. Namun bila tidak ditarik, justru Apple yang mengalami kerugian yang lebih besar.

Analis Yanke Group Carl Howe menilai, perintah pengadilan ini suatu masalah besar. "Samsung merupakan pesaing terhebat dan tersukses bagi Apple dalam bisnis ponsel sehingga menang melawan kompetitor itu sesuatu yang amat besar," katanya.

Berdasarkan data IDC, Samsung saat ini telah menjadi produsen ponsel terbesar di dunia. Perusahaan Korea Selatan ini telah menguasai 29,1 persen pangsa pasar dunia, sementara Apple hanya 24,2 persen.

Perintah pengadilan ini tentu saja membuat Samsung kecewa. "Pengadilan Amerika Serikat telah membatasi konsumen untuk memilih ponsel di pasar," kata juru bicara Samsung, Adam Yates. (KONTAN/Edy Can)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X