Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Cabut Label Kebal Virus dari Komputer Mac

Kompas.com - 28/06/2012, 14:47 WIB

KOMPAS.com — Apple telah mencabut klaim yang dipegang kukuh selama bertahun-tahun bahwa sistem operasi Mac OS X besutannya kebal virus.

Sikap ini diambil Apple setelah ratusan ribu komputer Mac di seluruh dunia diserang oleh program jahat "kuda troya" Flashback.

Awalnya, dalam situs resmi di halaman Mac OS X, Apple mencantumkan informasi, tetap dengan bahasa marketing, bahwa Mac "tidak terserang oleh virus PC" dan mengatakan bahwa pemilik Mac "Bisa menjaga data tanpa harus melakukan apa-apa".

Selanjutnya, ada pula kalimat berbunyi, "Komputer Mac tidak rentan terhadap ribuan virus yang mengganggu komputer berbasis Windows".

Namun, secara diam-diam Apple telah mengubah kata-kata marketing itu pada awal Juni 2012. Sekarang kata-kata itu berbunyi Mac "dibangun untuk menjaga keamanan". Disebutkan juga bahwa Mac telah dibekali dengan pertahanan yang mencegah program jahat dapat mengambil kendali komputer pengguna.

Hal ini diperhatikan oleh ahli keamanan komputer Graham Cluley dari perusahaan keamanan Sophos Inggris.

"Mereka memutuskan tidak lagi membandingkan jumlah program jahat di Windows karena ini tidak terlihat meyakinkan. Kecuali mereka terbuka bahwa di Mac juga ada progarm jahat," kata Cluley.

Pada April lalu, sekitar 600.000 komputer Mac diserang oleh program jahat kuda troya (trojan horse) Flashback, yang mampu pencuri password dan informasi penting. Pengguna Mac yang paling banyak terinfeksi berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com