Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Air Memang untuk Niaga

Kompas.com - 27/06/2012, 17:51 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - PT Gudang Garam Tbk akhirnya angkat bicara tentang anak perusahaannya yang bergerak di bidang penerbangan, PT Surya Air. Maskapai tersebut sudah beroperasi sejak awal tahun lalu dan melayani jasa angkutan udara niaga tak berjadwal.

Direktur PT Gudang Garam Tbk, Heru Budiman, mengatakan pembentukan maskapai itu untuk mewadahi beberapa armada helikopter yang telah dimiliki perusahaan. Selama ini perusahaan telah menggunakan moda transportasi udara untuk menunjang mobilitasnya.

Selain itu, kata Heru, awal didirikannya karena terus meningkatnya permintaan kebutuhan dari pihak ketiga sehingga perusahaan melihatnya sebagai salah satu peluang usaha yang perlu dikembangkan.

"Kita mencoba melihat peluang kebutuhan (angkutan udara) pihak ketiga yang kelihatannya cukup meningkat," kata Heru Budiman, saat konferensi pers seusai Rapat Umum Pemegang Saham di Hotel Grand Surya Kediri, Rabu (27/6/2012).

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa produsen rokok yang berpusat di Kediri, Jawa Timur itu membenamkan modal sebesar Rp 74,99 miliar untuk mendirikan maskapai baru dengan tiga armada jenis helikopter.

Pengajuan Surat Ijin Usaha Penerbangan (SIUP) serta Air Operator Certificated (AOC) kepada Kementerian Perhubungan telah dilakukan sejak kwartal IV tahun 2010 dan terbit pada kwartal I tahun 2011.

Maskapai yang memusatkan basis operasinya di Kediri itu mengantongi AOC 135, yaitu sertifikasi bagi maskapai dengan pesawat berkapasitas dibawah 30 tempat duduk. "Namun ini tidak berarti bahwa kita akan diversifikasi, karena usaha utama kita tetap rokok," pungkas Heru. (K20-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com