Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Green Hotel

Kompas.com - 26/06/2012, 15:58 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Gaya hidup yang serba ramah lingkungan bukan sekedar tren. Namun sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mewariskan planet bumi yang sehat kepada anak dan cucu.

Kampanye wisata yang ramah lingkungan sudah mulai menjamur di Indonesia. Hanya saja kesadaran untuk memilih hotel yang ramah lingkungan atau green hotel masih minim.

Tak bisa disalahkan, sebab hotel-hotel Indonesia yang masuk kategori green hotel pun masih sedikit. Hotel-hotel lama yang menempati bangunan tua kesulitan untuk membuat hotel mereka sesuai dengan standar bangunan green hotel.

Sejauh mana Anda memilih hotel yang ramah lingkungan? Umumnya, alasan lokasi dan harga menjadi alasan utama saat memilih hotel.

Hotel-hotel di Indonesia walau tak sepenuhnya mendapatkan sertifikasi sebagai green hotel, namun setidaknya mulai menerapkan konsep-konsep ramah lingkungan. Baru-baru ini, ada 10 hotel di Indonesia yang mendapatkan ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012.

Hotel-hotel tersebut adalah Matahari Beach Resort & Spa Bali, Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, Holiday Inn Resort Batam, Angsana Bintan, Melia Benoa Bali, Losari Spa Retreat & Coffee Plantation Magelang, St. Regis Bali Resort, Melia Bali Villa & Spa Resort, Dharmawangsa Jakarta, dan Hotel Gran Melia Jakarta.

Biasanya Anda baru mengetahui sejauh mana hotel-hotel tersebut menerapkan konsep ramah lingkungan setelah pernah sekali menempatinya. Berikut panduan untuk memilih hotel yang tak hanya cinta pada tamu, tetapi juga pada bumi itu sendiri.

Bertanya. Tanyakan kepada pihak hotel, sejauh mana hotel tersebut menerapkan konsep ramah lingkungan. Lakukan riset kecil-kecilan melalui internet maupun bertanya langsung, sebelum melakukan pemesanan.

Jika hotel yang incar belum memiliki sertifikasi green hotel, maka tanyakan program-program apa saja yang ia miliki berkaitan dengan ramah lingkungan. Ingat, hotel yang peduli pada lingkungan, maka otomatis juga peduli pada tamunya.

Reputasi. Beberapa hotel memang telah memiliki reputasi sebagai green hotel. Biasanya hotel-hotel ini telah mendapatkan penghargaan maupun sertifikasi.

Hotel-hotel yang dianggap ramah lingkungan bukan sekadar mengimbau tamu untuk menggunakan kembali handuk. Lebih dari itu, hotel-hotel ini memiliki sistem pembuangan limbah yang ramah lingkungan, struktur dan bahan bangunan ramah lingkungan, sampai pengolahan air limbah.

Beberapa hotel dengan apik menggunakan kembali air bekas mandi untuk menyiram tanaman. Seperti yang dilakukan Hotel Borobudur Jakarta. Masukkan pula hotel-hotel bebas rokok sebagai hotel-hotel ramah lingkungan.

Situs-situs pemesanan hotel juga menyediakan fasilitas pencarian untuk hotel-hotel ramah lingkungan. Gunakan fasilitas tersebut.

Pakai ulang. Mulai dari hal paling sederhana. Hotel-hotel yang ramah lingkungan, menempatkan kartu-kartu imbauan, seperti penggunaan kembali handuk dan sprei tempat tidur. Sehingga handuk dan sprei tempat tidur tak perlu diganti setiap hari. Sebagai tamu, Anda pun perlu menerapkan hal ini. Tak perlu harus mengganti handuk dan sprei setiap hari. Untuk tempat tidur, cukup minta untuk dirapikan kembali.

Hotel bebas rokok. Di Indonesia, mulai muncul hotel-hotel bebas rokok, sebut saja Hotel Century Park Jakarta dan Hotel Surabaya Plaza. Kedua hotel ini menerapkan seluruh hotel tanpa asap rokok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com