Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KY Jaring Calon Hakim Agung di Ambon

Kompas.com - 21/06/2012, 14:56 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Komisi Yudisial Republik Indonesia akan membuka penjaringan calon Hakim Agung di Kota Ambon. Pembukaan penjaringan calon hakim agung di Ambon ini untuk yang pertama kalinya dilakukan.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Komisi Yudisial, Ibrahim menjelaskan Pembukaan penjaringan calon Hakim agung dilakukan berdasarkan Surat Ketua Mahkamah Agung Nomor 048/KMA/Hk.01/2012 tertanggal 16 Mei 2012 perihal Pengisian Jabatan Hakim Agung yang ditujukan kepada Komisi Yudisial.

Pendaftaran calon hakim agung ini, kata Ibrahim, dilakukan guna mengisi kekosongan 5 hakim agung dengan rincian 4 Hakim Agung yang pensiun pada semester II terdiri dari satu hakim agung kamar perdata, satu hakim agung kamar tata usaha negara dan dua hakim agung kamar pidana. “Kita berharap ada calon hakim agung dari Maluku yang bisa masuk sebagai Hakim Agung nanti, karena di Ambon yang kita tahu ada tiga hakim tinggi di sini,” katanya.

Ibrahim mengungkapkan, pendaftaran hakim agung akan berlangsung dari tanggal 8 – 28 Juli nanti. Calon hakim agung selanjutnya akan diusulkan dari Mahkama Agung, Pemerintah dan masyarakat sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2009.

Ia juga mengakui, KY melaksanakan seleksi hakim agung berdasarkan Pasal 24B ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945. Di dalamnya disebutkan, KY adalah lembaga negara mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung kepada DPR. 

“Yang pasti dalam seleksi ini yang sangat kita butuhkan adalah integritas dan kemampuan yang tinggi serta bertanggungjawab. Makanya kita minta media dapat mengawal proses ini nantinya,” ungkap Ibrahim.

Ibrahim juga mengungkapkan, calon hakim harus mempunyai pengalaman di bidang hukum selama 20 tahun, selain itu harus bersikap independen.

Seperti yang telah diberitakan, Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar mengatakan KY akan menjemput bola demi menjaring banyak pendaftar Calon Hakim Agung. Sosialisasi dan penjaringan ke pengadilan, akademisi dan praktisi akan dilangsungkan di beberapa kota besar Indonesia, yakni Surabaya, Bandung, Aceh dan Ambon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com