Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Perempuan Inspiratif dan Kreatif YCPA 2012

Kompas.com - 16/06/2012, 23:59 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Ajang kompetisi yang mencari perempuan profesional muda berkepribadian kuat, inspiratif, dan memiliki kepedulian tinggi, Young Caring Professional Award 2012, telah menemukan pemenangnya. Seperti diketahui sebelumnya, dari 853 pendaftar akhirnya terpilih 19 finalis (satu finalis mengundurkan diri karena sakit).

"Ke-19 finalis ini sebenarnya sudah menjadi pemenang karena mereka sudah berhasil menjadi inspirasi untuk lingkungannya," ungkap Samuel Pranata, Sales and Marketing Director Martha Tilaar Group, saat konferensi pers di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (16/06/2012).

Dari 19 finalis tersebut, sembilan pemenang dianggap memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan mampu menginspirasi orang di sekitarnya. Mereka adalah Syarifa Aliyyah, Novia Fitri, Aghnia Nabila, Nancy Margried Panjaitan, Dini Pratiwisari, Fransisca Desy Patriciane, Rosalia Chika Artanti, Nilam Sari, dan Mommy Variana Anjani. Selain terpilih menjadi juara, Nilam Sari juga terpilih menjadi pemenang favorit pilihan masyarakat dari Facebook Caring Colours.

Para pemenang mampu memukau tim dewan juri yang terdiri atas Samuel Pranata (Sales and Marketing Director Martha Tilaar Group), Yoris Sebastian (konsultan OMG), Kemal Effendi Gani (pemimpin redaksi majalah SWA), Era Soekamto (desainer), Rene Suhardono (konsultan karier), Ligwina Hananto (konsultan keuangan), Fira Basuki (penulis), Alvin Adam (presenter), dan Marlin Sugama (produser dan penulis). Para juri menilai mereka lah perempuan profesional muda yang kompeten dan mampu menginspirasi dengan prestasi dan kegiatan yang mencerminkan caring for self, caring for company, dan caring for other.

Mereka mampu mempresentasikan diri dengan berbagai kelebihan positif, seperti Aghnia Nabila yang menjadi wirausaha risoles namun tetap aktif kuliah. Bahkan ia terpilih sebagai juara dua mahasiswa berprestasi di kampusnya. Atau seperti Syarifa Aliyyah, yang sekalipun divonis menderita Lupus namun tetap giat menjadi penulis buku dan motivator remaja.

"Pemilihan mereka menjadi pemenang YCPA tahun ini dilihat berdasarkan passion dalam bidang pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka tak hanya memenuhi kebutuhannya, tetapi juga berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya. Selain itu, kemampuan mereka untuk self branding dalam mendukung kemampuan intelektual yang mereka miliki juga dinilai," ungkap Era Soekamto kepada Kompas Female.

Sebagai juri, Era dan Fira Basuki berharap para pemenang ini mampu lebih mengeskplorasi diri dengan lebih baik.  "Semoga mereka bisa terus memaksimalkan potensinya dan mengajak orang lain untuk membangun bangsa dengan cara mereka," ungkap Fira.

"Awalnya, ikutan ajang ini hanya untuk coba-coba, dan mendaftar melalui Kompas Female tanpa persiapan. Saya berbekal kepercayaan diri saja, dan alhamdulilah menang," ungkap Aghnia Nabila. Kemenangan ini membuat Aghnia merasa memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk semakin menginspirasi perempuan Indonesia agar berani berwirausaha.

Novia Fitri juga mengaku tak menyangka akan menjadi salah satu pemenang YCPA 2012 ini. "Awalnya sempat ragu karena background saya adalah seorang peneliti politik, yang rasanya mustahil untuk ikut ajang semacam ini. Namun YCPA ternyata bisa diikuti oleh semua perempuan profesional dari semua disiplin ilmu untuk mengembangkan potensi masing-masing," tukas perempuan yang sedang menempuh pendidikan S2 ini.

Tak sekadar ajang penghargaan
YCPA memang merupakan ajang penghargaan bagi para perempuan profesional yang memiliki perjalanan karier menarik, berkepribadian kuat, kemampuan berkomunikasi, serta kepedulian yang tinggi pada diri, profesi dan lingkungan sekitarnya.

Ajang final penghargaan YCPA dikemas secara berbeda dengan diadakannya Caring Colours Femme Talks. Melalui ajang seminar singkat ini diharapkan para finalis maupun Caring Lova (sebutan untuk pengguna Caring Colours) mendapatkan inspirasi dan tambahan ilmu agar lebih peduli pada diri sendiri, lingkungan, dan profesinya.

Caring Colours Femme Talks ini menyita perhatian banyak Caring Lova, terbukti dari banyaknya peserta yang antusias menghadirinya. Sembilan pembicara yang membuat peserta terpukau ini adalah Revalina S.Temat, Deborah Dewi (graphologist dan pemenang YCPA 2011), Firliana Purwanti (penulis The Orgasm Project), Lucy Wiryono (pemilik Holycow Steakhouse by Chef Afit), Rudy Ramawi (Country Head Google Indonesia), Alvin Adam (presenter), Tri Mumpuni (pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Betti S. Alisjahbana (pendiri QB Leadership center), dan Rene Suhandono (konsultan karier serta pendiri Impact Factory).

Acara juga dikemas apik dengan menghadirkan berbagai hiburan seperti stand up comedy, foto ala cover majalah, fashion sketch, networking games, serta DJ dan accoustic performance.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.