Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Calon Bos OJK Diuji DPR Hari Ini

Kompas.com - 14/06/2012, 09:49 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan memasuki hari terakhir hari ini, Kamis (14/6/2012) di Komisi XI DPR, Jakarta.

Hari ini, anggota dewan akan menguji Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D Hadad dan mantan Deputi Gubernur BI Achjar Iljas. Uji akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam paket nama 14 calon anggota DK OJK, Muliaman dan Achjar ditaruh menempati posisi Ketua DK OJK. Akan tetapi, DPR sempat menyebutkan bahwa paket nama calon yang telah dipasang-pasangkan ke dalam tujuh jabatan bisa berubah setelah melihat hasil uji kepatutan dan kelayakan.

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon anggota DK OJK telah dimulai sejak Kamis (7/6/2012) minggu lalu.  Setelah uji dilakukan, Komisi XI akan mengadakan rapat. Lalu, DPR menjadwalkan proses pemilihan anggota pada Selasa (19/6/2012) depan.

OJK adalah lembaga baru yang akan melakukan supervisi industri jasa keuangan. Ini merupakan industri yang strategis sehingga harus diawasi orang-orang berintegritas tinggi, memiliki keahlian dan kompetensi di bidang keuangan. OJK nantinya akan mengelola dana yang terbilang besar yakni sekitar Rp 7.500 triliun atau setara dengan produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com