Kompas.com - 10/06/2012, 22:37 WIB
|
EditorTri Wahono

BANDUNG, KOMPAS.com - Muhammad Ilham dan Vega Runi adalah teman kampus program MBA untuk Creative and Cultural Enterpreneurship di Institut Teknologi Bandung. Dijumpai di sela event NgaduIde #9 Bandung, keduanya berbagi stan yang sama meski menjual makanan yang berbeda.

Sewaktu ditemui, Sabtu (9/6/2012) lalu, Ilham dan Vega tengah menawarkan merek mereka sendiri. Ilham dengan Stereo Desserts yang menjual trifle sementara Vega mengusung Ransum si Tante dengan produk makaroni cakalang. Keduanya mulai berjualan sejak dua bulan silam.

Yang menarik adalah trifle, produk utama dari Stereo Desserts, yang dikemas dalam cangkir plastik. Saat dijajal, makanannya manis dengan tekstur yang beragam mulai lembut hingga renyah.

"Trifle terbuat dari tiga komponen yakni puding, krim, dan remah-remah. Memang terasa manis dan sesuai untuk hidangan penutup," kata Ilham.

Menjual satu cangkir trifle dengan harga Rp 15.000, Ilham memang sengaja memilih makanan yang belum pernah dijual bebas sebelumnya. Untuk saat ini, produknya sudah dikonsinyasi untuk dua kafe. Setiap hari ada 50 cangkir trifle yang diproduksi.

Dengan produk yang harus terjaga dalam suhu lebih rendah dari suhu ruangan, Ilham mengaku bahwa peluang untuk menjadi reseller harus dibicarakan dengan detail. Salah satunya memastikan mitra bisnisnya memiliki kotak pendingin.

Sementara itu, teman kuliah yang berdiri di sebelahnya memilih untuk menjual makaroni panggang. Meski makanan tersebut sudah sering ditemui, Vega memiliki resep tersendiri yakni menggunakan resep cakalang.

Saat dirasakan, tekstur ikan asap terasa di lidah. Rempah-rempah yang berpadu di dalamnya membuat makaroni cakalang ini terasa sedikit pedas. Menurut Vega, dia masih sulit menemukan masakan Manado di Bandung sehingga makaroni olahannya diharapkan menjadi pilihan alternatif untuk oleh-oleh.

Vega menawarkan makaroni cakalangnya dengan berbagai ukuran, mulai paling kecil dengan harga Rp 8.000, menengah dengan Rp 15.000 kemudian ukuran besar dengan harga Rp 35.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.