Prabowo Unggul di Survei

Kompas.com - 07/06/2012, 03:07 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Prabowo Subianto unggul atas Megawati Soekarnoputri dan Jusuf Kalla dalam survei calon presiden 2014 yang dilakukan Soegeng Sarjadi Syndicate. Keterwakilan responden mirip komposisi responden Badan Pusat Statistik.

”Sebanyak 25,8 persen responden memilih Prabowo karena dianggap tegas dan berani mengambil keputusan. Megawati ada di tempat kedua dengan 22,4 persen, Jusuf Kalla ketiga dengan 14,9 persen. Adapun Aburizal Bakrie didukung 10,6 persen responden,” ujar Koordinator Survei Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) Muhammad Dahlan dalam diskusi ”The Pair Who Will Shape Indonesia 2014 and Beyond” di Jakarta, Rabu (6/6).

Yenny Wahid yang menjadi panelis mengungkapkan, antitesis terhadap pemimpin lama selalu muncul dalam pergantian presiden Indonesia. ”Tahun 2014 tampaknya rakyat akan memilih pemimpin yang dinilai tegas setelah sebelumnya ada pemimpin yang lembut,” kata Yenny.

Dijelaskannya, Soekarno dinilai revolusioner-karismatik dan pemerintahannya penuh keriuhan politik. Lalu rakyat mendukung Soeharto yang dianggap tenang tetapi diktator.

Pemimpin berikutnya Abdurrahman Wahid dipandang sangat demokratis tetapi banyak bicara. Setelah itu, rakyat memilih Megawati Soekarnoputri yang pendiam. Akhirnya muncul Yudhoyono yang cerdas tetapi sulit membuat keputusan.

Yenny mengingatkan besarnya peran media dalam memunculkan tokoh nasional. Menurut dia, Mahfud MD dan Dahlan Iskan menonjol di pentas nasional karena dekat dan terbuka dengan media. Mereka juga berani mengambil tindakan melawan arus.

 Nasdem akan menyodok

Pengamat politik J Kristiadi mengingatkan, selain Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDI-P, Partai Nasdem akan menyodok dalam Pemilu 2014.

Sementara itu, akademisi Marwah Daud Ibrahim berharap masyarakat berani bermimpi dan menetapkan target jadi apa kelak Indonesia di tahun 2045. ”Kita harus menumbuhkan harapan masyarakat dan bekerja bersama. Indonesia bisa tumbuh sebagai negara adidaya,” ujar Marwah.

Survei SSS mendapati tiga besar pasangan capres dan cawa- pres, yaitu Prabowo Subianto-Jusuf Kalla (14,6 persen), Megawati Soekarnoputri-Jusuf Kalla (13,4 persen), dan Prabowo Subianto-Mahfud MD (12,4 persen). Survei itu juga mengungkapkan, pilihan partai responden tidak sama dengan pilihan mereka kepada sosok calon presiden.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.