Harga Minyak Mentah Naik Untuk Hari Ketiga

Kompas.com - 29/05/2012, 06:39 WIB
|
EditorErlangga Djumena

LONDON, KOMPAS.com - Harga minyak mentah naik untuk hari ketiga menyusul adanya sinyal warga Yunani menginginkan penghematan anggaran demi mendapatkan dana talangan Uni Eropa. Hal ini lantas kian mempertebal harapan bahwa krisis utang di zona euro dapat diatasi.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Juli naik 28 sen, atau 0,3 persen, menjadi 91,14 dollar AS per barrel di perdagangan elektronik New York Mercantile Exchange, Senin (28/5/2012) waktu setempat. Sementara di New York sendiri tidak ada perdagangan seiring dengan hari libur Memorial Day. Sedangkan, harga minyak Brent untuk penetapan Juli naik 28 sen menjadi 107,11 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Harga minyak mulai naik pada Jumat (25/5/2012) lalu menyusul pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa Iran telah meningkatkan produksi uraniumnya. Karena proyek nuklirnya itu, Iran mungkin akan menghadapi sanksi embargo minyak mulai Juli mendatang.

Harga emas hitam ini melanjutkan kenaikannya setelah partai Demokrasi Baru di Yunani, yang mendukung rencana dana talangan disepakati para peminjam internasional, berada di posisi pertama dalam enam jajak pendapat. "Garda depan ekonomi terlihat mencari sesuatu yang sedikit lebih baik dan situasi geopolitik sedikit lebih buruk," sebut Christopher Bellew, pialang senior Jefferies Bache Ltd, di London, Senin waktu setempat.

"Ada harapan yang kuat dari pemerintahan konservatif pro-euro di Yunani, situasi di Suriah tampaknya telah memburuk dan perundingan Iran tidak menawarkan harapan untuk relaksasi dalam sanksi," tambah Christopher.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.