DPR: Butuh Panja untuk Dalami Musibah Sukhoi

Kompas.com - 28/05/2012, 17:43 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PAN, Teguh Juwarno mengatakan DPR akan membentuk panitia kerja (panja) untuk mendalami jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100, di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/5/2012) lalu.

Melalui Panja, kata dia, DPR akan melihat siapa saja pihak yang seharusnya bertanggung jawab atas musibah tersebut. "Memang dibutuhkan panja untuk mendalami persoalan ini," sebut Teguh, di DPR, Senin (28/5/2012).

Melalui panja, DPR akan mencari tahu sejumlah pihak yang harus bertanggung jawab. Karena, menurut Teguh, dalam hal perizinan saja, DPR menduga ada hal yang bermasalah. "Terbukti ada ketentuan yang ditabrak dari perundangan," sambung dia.

Ditambah lagi, kata Teguh, ada permasalahan dalam standard operating procedure standar (SOP). Hal itu tampak salah satunya pada sistem komunikasi air traffic control (ATC) dengan pilot SSJ100. "Ini menurut kita perlu ditingkatkan menjadi dan ada Panja untuk khusus membahas masalah Sukhoi ini," tegas dia.

Jadi, kata Teguh, ada dua hal yang menjadi fokus dalam Panja terkait SSJ100. Pertama, amanah undang-undang agar ada pemisahan antara otoritas bandara dengan pengelola navigasi. Kedua, bagaimana pertanggungjawaban terhadap keluarga korban. "Ketiga, bagaimana memastikan hal ini tidak terjadi lagi," pungkas Teguh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.