Surat Utang Eropa Tampaknya Bakal Lolos

Kompas.com - 28/05/2012, 07:47 WIB
|
EditorThomas Pudjo Widijanto

JAKARTA, KOMPAS.com- Kanselir Jerman Angela Merkel mulai melunak dan bersedia membicarakan usulan penerbitan joint European bonds. Ini menjadi salah satu sinyal yang dapat mengangkat pasar di awal pekan ini, Senin (28/5/2012).

Menurut ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, penerbitan utang bersama ini merupakan kebijakan konsolidasi fiskal yang diperlukan untuk menarik kepercayaan terhadap mata uang euro. Pasar Eropa positif dengan perkembangan ini, Euro kembali menguat.

Sentimen positif lainnya datang dari Yunani. Hasil polling mencatat naiknya suara untuk partai yang pro dana talangan (New Democracy dan Pasok). Pemilu kedua akan digelar pada 17 Juni mendatang. Hasil pemilu akan menentukan masa depan Yunani bersama zona euro.

Sementara itu, keuntungan perusahaan di sektor industri di China turun 2,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu pada bulan April lalu. Turunnya keuntungan ini mengonfirmasi pelambatan ekonomi di China yang dalam proses konsolidasi menuju soft landing. "Apa yang terjadi di China ini bisa mengurangi sentimen positif pasar Asia hari ini," kata Lana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.