Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Utang Eropa Tampaknya Bakal Lolos

Kompas.com - 28/05/2012, 07:47 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kanselir Jerman Angela Merkel mulai melunak dan bersedia membicarakan usulan penerbitan joint European bonds. Ini menjadi salah satu sinyal yang dapat mengangkat pasar di awal pekan ini, Senin (28/5/2012).

Menurut ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, penerbitan utang bersama ini merupakan kebijakan konsolidasi fiskal yang diperlukan untuk menarik kepercayaan terhadap mata uang euro. Pasar Eropa positif dengan perkembangan ini, Euro kembali menguat.

Sentimen positif lainnya datang dari Yunani. Hasil polling mencatat naiknya suara untuk partai yang pro dana talangan (New Democracy dan Pasok). Pemilu kedua akan digelar pada 17 Juni mendatang. Hasil pemilu akan menentukan masa depan Yunani bersama zona euro.

Sementara itu, keuntungan perusahaan di sektor industri di China turun 2,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu pada bulan April lalu. Turunnya keuntungan ini mengonfirmasi pelambatan ekonomi di China yang dalam proses konsolidasi menuju soft landing. "Apa yang terjadi di China ini bisa mengurangi sentimen positif pasar Asia hari ini," kata Lana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com