Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Selama Ini Foke Kurang Menerima Kritik

Kompas.com - 27/05/2012, 16:49 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertemuan antara Jusuf Kalla (JK) dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, berlangsung selama 1,5 jam di kediaman JK, Jalan Brawijaya Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (27/5/2012).

Di dalam pertemuan itu, JK tidak hanya memberikan saran soal problematika Jakarta tetapi juga kritik kepada Fauzi Bowo yang dinilai kurang menerima kritikan dari warga Ibu Kota.

"Saya melihat Pak Foke ini yah sebagai seorang Gubernur. Tentu ada keberhasilan dan ada yang harus diperbaiki. Salah satunya adalah mendengarkan pandangan orang lain," ungkap JK, Minggu (26/5/2012), di lokasi.

Ia menilai selama ini, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, masih kurang menerima pendapat orang lain.

"Kayaknya kurang yah mendengarkan kritik orang lain. Saya minta beliau terbuka saja," ujar JK.

Kendati mengkritik gaya kepemimpinan Foke, JK mengaku dirinya tidak berhak menilai apakah Foke masih dianggap pantas atau tidak kembali memimpin Jakarta.

"Saya bukan dalam posisi percaya atau tidak karena rakyat yang memilih, biarkan rakyat yang menilai," pungkasnya.

Menurutnya, pemimpin Jakarta mendatang yang paling penting adalah mampu menyelesaikan tiga masalah pokok Jakarta yakni kemacetan, banjir, dan perumahan rakyat.

"Kalau tiga hal pokok itu bisa diselesaikan, Insya Allah Jakarta akan jadi kota yang lebih nyaman dan hijau bagi warganya," kata JK.

Menanggapi kritikan dari JK, Foke mengungkapkan dirinya berterima kasih atas semua masukan termasuk kritikan soal dirinya yang dinilai tidak terbuka akan kritik.

Ke depan, Foke berjanji akan lebih mendengarkan pendapat orang lain.

"Beliau punya satu catatan untuk saya untuk lebih banyak mendengar masukan dari pihak lain. Itu pasti akan saya lakukan," tandas calon Gubernur DKI nomor urut 1 tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com