Indonesia-Senegal Garap Kerja Sama Ekonomi - Kompas.com

Indonesia-Senegal Garap Kerja Sama Ekonomi

Kompas.com - 25/05/2012, 16:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, kerja sama teknis, dan pertanian dengan Senegal.

Hal ini diungkapkan Andradjati, saat menyerahkan surat-surat kepercayaan sebagai Dubes LBBP Repiblik Indonesia kepada Presiden Senegal, Macky Sall, di Istana Kepresidenan Senegal, Dakar. Hal itu tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas, Jumat (25/5/2012) ini.  

Peluang kerjasama lain yang juga akan digarap adalah infrastruktur, industri, kesehatan dan sosial budaya melalui kerja sama pendidikan dan pengembangan people-to-people contact.

Presiden Sall menyatakan, Indonesia memiliki arti penting bagi Senegal. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah serta teknologi yang lebih maju, sehingga menjadi modal yang kuat bagi peningkatan kerja sama kedua negara.  

Penguatan kerja sama RI-Senegal dinilai tepat waktu mengingat, dalam penuturan Presiden Sall, saat ini pemerintahnya tengah fokus pada pembangunan ekonomi.

Hubungan bilateral Indonesia dengan Senegal selama ini telah berjalan dengan baik. Kerja sama kedua negara berbagai fora internasional, juga terjalin dengan sangat erat.

"Senegal memiliki peran penting di kawasan Afrika dan dunia internasional, sehingga diharapkan Indonesia dan Senegal dapat mengembangkan kesepahaman dan berbagi pandangan dalam membina hubungan kerja sama, baik di tingkat bilateral maupun multilateral," tutur Andradjati.

Ia menyambut baik pembukaan Kedubes Senegal di Jakarta, yang akan semakin memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Kepada Presiden Sall, Andradjati juga menyampaikan komitmen untuk menjalin komunikasi dengan pejabat-pejabat terkait di Senegal, guna mencapai tujuan kerja sama yang diharapkan.

 

 


EditorAgus Mulyadi

Terkini Lainnya


Close Ads X