Penghematan Energi Jangan Hanya Pada Konsumsi

Kompas.com - 25/05/2012, 14:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Econit Hendri Saparini mengatakan, Pemerintah jangan hanya fokus kepada penghematan energi, khususnya bahan bakar minyak (BBM), di sisi konsumsi. Pada sisi produksi minyak mentah pun perlu diperhatikan.

"Jangan penghematan di konsumsi saja tetapi di produksi. Itu tidak pernah dilakukan," sebut Hendri ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (25/5/2012).

Ia menjelaskan, penghematan yang dilakukan pada sisi konsumsi bisa menimbulkan dampak negatif terhadap angka inflasi. Rencana kenaikan harga BBM bersubsidi yang akhirnya tidak jadi hingga sekarang telah membuat harga barang naik. Ekspetasi inflasi telah timbul dari hal tersebut. "Jadi masyarakat yang kemarin saja itu harganya (barang) tidak turun sekalipun harga BBM bersubsidi tidak turun," sambung dia.

Sekarang, kata dia, efek inflasi bisa tetap timbul dari rencana penghematan energi sekalipun sebenarnya itu ditujukan bagi kementerian/lembaga terlebih dahulu. "Masyarakat tidak terlalu well informed bahwa itu untuk mobil dinas atau pribadi akhirnya inflasi sudah terdorong duluan," tegas Hendri.

Lantas sebagai solusi terbaik, ia menyarankan agar sisi produksi diperhatikan. Caranya dengan meningkatkan produksi minyak mentah. Salah satunya adalah mempercepat kontrak jual beli minyak dengan negara-negara yang memberikan penawaran. "Mencari BBM atau minyak mentah dengan negara yang menawarkan harga murah, seperti Iran dan Amerika Latin," ungkapnya.

Langkah lainnya dengan mengoptimalkan pendapatan minyak mentah (domestic market obligation) dari para kontraktor. Dengan dua langkah ini maka minyak mentah bisa tersedia dalam jumlah banyak. "Besaran subsidi pun bisa turun," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.