Harga Minyak Mentah Kembali Naik

Kompas.com - 22/05/2012, 07:51 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah naik untuk pertama kali dalam tujuh hari menyusul upaya China untuk meningkatkan perekonomiannya dan Goldman Sachs Group Inc melihat permintaan minyak mentah meningkat sementara persediaan kian terbatas. Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni naik 1,09 dollar AS menjadi 92,57 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Senin (21/5/2012) waktu setempat.

Harga minyak itu sempat turun 1,2 persen pada 18 Mei lalu menjadi 91,48 dollar AS, yang merupakan penutupan terendah sejak 26 Oktober 2011. Harga minyak Brent untuk penetapan Juli juga naik, yakni 1,67 dollar AS, atau 1,6 persen, menjadi 108,81 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Perdana Menteri China, Wen Jiabao, mengatakan, negaranya akan fokus untuk mendorong pertumbuhan perekonomian. Lalu, minggu ini, para pemimpin dari G8 menyarankan agar Yunani tetap berada di zona euro dan memaksimalkan ekspansi ekonominya.

"Pernyataan China dan pertemuan G8 sangat mendukung (harga minyak)," sebut John Kilduff, mitra Again Capital LLC, di New York, Senin waktu setempat.

Kepala Riset Energi Goldman Sachs, David Greely, di New York, mengatakan, permintaan minyak mentah terus naik meskipun ada kekhawatiran mengenai data ekonomi.

"Pasokan minyak benar-benar yang tersedia di pasar kian dibatasi oleh ketidakmampuan Iran untuk memasarkan minyaknya sebagai dampak dari sanksi AS dan Eropa," sebut David.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.