Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Mentah Kembali Naik

Kompas.com - 22/05/2012, 07:51 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah naik untuk pertama kali dalam tujuh hari menyusul upaya China untuk meningkatkan perekonomiannya dan Goldman Sachs Group Inc melihat permintaan minyak mentah meningkat sementara persediaan kian terbatas. Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni naik 1,09 dollar AS menjadi 92,57 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Senin (21/5/2012) waktu setempat.

Harga minyak itu sempat turun 1,2 persen pada 18 Mei lalu menjadi 91,48 dollar AS, yang merupakan penutupan terendah sejak 26 Oktober 2011. Harga minyak Brent untuk penetapan Juli juga naik, yakni 1,67 dollar AS, atau 1,6 persen, menjadi 108,81 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Perdana Menteri China, Wen Jiabao, mengatakan, negaranya akan fokus untuk mendorong pertumbuhan perekonomian. Lalu, minggu ini, para pemimpin dari G8 menyarankan agar Yunani tetap berada di zona euro dan memaksimalkan ekspansi ekonominya.

"Pernyataan China dan pertemuan G8 sangat mendukung (harga minyak)," sebut John Kilduff, mitra Again Capital LLC, di New York, Senin waktu setempat.

Kepala Riset Energi Goldman Sachs, David Greely, di New York, mengatakan, permintaan minyak mentah terus naik meskipun ada kekhawatiran mengenai data ekonomi.

"Pasokan minyak benar-benar yang tersedia di pasar kian dibatasi oleh ketidakmampuan Iran untuk memasarkan minyaknya sebagai dampak dari sanksi AS dan Eropa," sebut David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com