Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Cap oleh 1.6432 Siswa PAUD Masuk Rekor MURI

Kompas.com - 19/05/2012, 11:24 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com — Sebanyak 16.432 anak dari berbagai lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Lamongan, Jawa Timur, secara serentak ikut membatik dengan teknik cap menggunakan bahan pewarna alam, Sabtu (19/5/2012). Kreativitas mereka tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia untuk kategori membatik dengan peserta terbanyak.

Jumlah peserta itu memecehkan rekor sebelumnya dengan kategori identik di Kota Solo, Jawa Tengah, dengan 6.025 peserta. Pada pemecahan rekor kali ini, peserta sudah datang sejak pagi, didampingi orangtua dan guru. Bahan pewarna yang digunakan adalah pelepah pisang, buah nanas, wortel, belimbing, dan ketela rambat.

Bahan itu ada yang dicelupkan ke spon kemudian baru dipakai sebagai bahan melukis batik dengan media cap yang terbuat juga dari bahan alami. Bahan cap ada yang terbuat dari ketela rambat, dan pelepah pisang yang sudah dipahat dengan berbagai bentuk. General Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) Paulus Pangka menyebutkan, rekor Lamongan masuk register bernomor urut rekor ke 5.432/R.MURI/V/2012.

Sertifikat rekor Muri diberikan kepada Bupati Lamongan Fadeli selaku penyelenggara dan pemrakarsa, kepada Bunda PAUD Lamongan Mahdumah selaku penyelenggara, dan kepada Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Agus Suyanto sebagai pemrakarsa.      Paulus Pangka menyebutkan, rekor sebelumnya di Solo. Solo membatik dengan bahan zat kimia oleh peserta dewasa.

"Di Lamongan, pesertanya adalah anak didik PAUD menggunakan zat pewarna alam. Penyelenggara mengusulkan 15.000 peserta, tetapi jumlah yang ikut mencapai 16.432," katanya. Bupati Lamongan, Fadeli menyebutkan, Lamongan sudah beberapa kali mencatatkan diri ke Muri.

Sebelumnya, Lamongan mencatatkan rekor wingko terbesar, kegiatan memanggang ikan di atas 101 kapal di pantura Lamongan. Rekor kain tenun ikat sepanjang 64,20 meter oleh Miftakhul Koiri, perajin tenun dari Desa Parengan, Kecamatan Maduran. Selain itu juga ada rekor pembuatan puisi oleh Lembaga Pendidikan Maarif Lamongan diikuti 11.252 peserta pada 9 Januari lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com