Yunani Dorong Harga Minyak Jatuh

Kompas.com - 16/05/2012, 07:38 WIB
|
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah jatuh ke posisi terendah dalam lima bulan menyusul pemilihan umum kedua Yunani untuk membentuk sebuah pemerintahan baru gagal. Hal itu lantas mendorong melemahnya euro.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni turun 80 sen menjadi 93,98 dollar AS per barrel di Nymex, Selasa (15/5/2012) waktu New York. Ini harga terendah sejak 19 Desember 2011.

Sedangkan, minyak Brent untuk penetapan Juni justru naik 67 sen, atau 0,6 persen, menjadi 112,24 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Harga minyak mentah berjangka pun turun 0,8 persen seiring dengan pemimpin partai Pasok, Evangelos Venizelos, mengatakan Yunani akan kembali menggelar pemilu. Karena pernyataan itu, euro sebagai mata uang bersama 17 negara Eropa pun melemah terhadap dollar AS. Melemahnya euro mengikis permintaan komoditas sebagai sebuah investasi.

"Kekhawatiran mengenai Yunani, dan Eropa secara keseluruhan, telah mengarah kepada penghindaran risiko," sebut Mike Wittner, Kepala Penelitian Pasar Minyak Societe Generale SA, di New York, Selasa waktu setempat.

Turunnya harga minyak juga disebabkan adanya perkiraan bahwa laporan Pemerintah Amerika Serikat besok akan menunjukkan suplai minyak mentah negara itu naik ke level tertinggi sejak tahun 1990. "Harga juga turun karena kami memperkirakan adanya kenaikan stok minyak besok," tambah Mike.

Sementara itu, analis energi Citi Futures Perspective, Tim Evans, di New York, menyebutkan, harga minyak Brent tidak turun karena kontrak Juni akan berakhir Rabu waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.