Kompas.com - 15/05/2012, 06:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Bagi penggemar sate kambing tentunya wajib tahu penjual sate kambing yang satu ini, namanya Sate Kambing Batibul Bang Awi. Lokasinya di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading. Sate Batibul ini menempati sebuah ruko, dan cukup terlihat plang papan nama dan spanduk. Sore itu kami pesan sate kambing dan sop kambing.

Kenapa dinamakan Batibul? Anda tahu? Itu singkatan dari Bawah Tiga Bulan, maksudnya daging kambing yang ada di sini berumur dibawah tiga bulan, memang kita tidak tahu persis umur si kambing he-he... tapi memang Sate Kambing Batibul Bang Awi Kelapa Gading sudah sangat terkenal.

Kami pesan sate 10 tusuk yang tanpa lemak, jadi isinya hanya dagingnya saja. Di sate kambing batibul saat di bakar dilumuri bumbu racikan khusus, sehingga aromanya jadi lebih harum. Rasanya memang mantap, daging empuk dan yang paling kita suka dagingnya tidak prengus kambing. Yahud deh.

Untuk sambal kecapnya juga kita suka banget, pedas mantap, potongan tomat dan bawang merahnya juga besar-besar. Oh iya disini  juga menggunakan kecap yang dibawa asli dari kota Tegal lho. Saya sempat menanyakan ke pelayan di sini, dalam 1 hari bisa menjual berapa tusuk sate? Jawabnya rata-rata dalam 1 hari menjual sekitar 800 tusuk. Banyak juga kan?

Untuk menu sop kambing juga sangat menggoda, dengan kuah bening dengan taburan daun bawang dan bawang gorengnya juga menjadikan lebih harum dan memang lezat deh. Untuk isi sop-nya berupa potongan tulang iga yang ada dagingnya, enak dan empuk. Memang makannya agak butuh pengorbanan karena tulangnya lebih banyak dari pada dagingnya he-he...

Bagi penggemar sate kambing dan sop, nggak ada salahnya cobain Sate Kambing Batibul Bang Awi di Kelapa Gading ini, bahkan beberapa artis dan pejabat negara menjadi pelanggan sate kambing ini. Harga juga terjangkau lah dimana sate 10 tusuk tanpa lemak Rp 34.500, sop Rp 20.000 dan nasi putih Rp 4.000. (Yudi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.