Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Komponen Pesawat yang Ditemukan di Antara Puing Sukhoi

Kompas.com - 14/05/2012, 15:35 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim search and rescue (SAR) gabungan membantah pihaknya telah menemukan kotak hitam atau black box dari pesawat Sukhoi Superjet 100 di lokasi kecelakaan pesawat Rusia tersebut. Tim SAR baru menemukan sejumlah komponen pesawat, seperti alat komunikasi, alat global positioning system (GPS), dan emergency locator transmitter (ELT).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Daryatmo, Senin (14/5/2012) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Menurut Daryatmo, awalnya tim memang menyangka bahwa barang-barang yang ditemukan di kedalaman lebih dari 500 meter itu adalah kotak hitam.

"Kemarin sore saya sampaikan bahwa tim SAR gabungan telah mencapai di kedalaman tempat ekor pesawat Sukhoi Superjet 100. Kemudian tim SAR lakukan pencarian black box, tadi malam memang sudah ditemukan barang-barang itu," ujar Daryatmo.

Namun setelah ditemukan, barang itu ternyata bukan kotak hitam, melainkan komponen-komponen lain dari pesawat. "Tim SAR masih ada di sekitar pesawat. Barang-barang yang kami temukan ternyata bukan black box, melainkan alat komunikasi, ELT pesawat, GPS," ucapnya.

Semua komponen tersebut kini sudah diberikan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk penyelidikan lebih lanjut. Pihak tim SAR, lanjut Daryatmo, juga masih terus mencari keberadaan black box tersebut.

Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi. Umumnya merujuk pada perekam data penerbangan (flight data recorder atau FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder atau CVR) dalam pesawat terbang. Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Kotak hitam menjadi elemen penting bagi penyelidikan investigasi sebuah kecelakaan pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com