16 Kantong Jenazah Sudah Dibuka

Kompas.com - 13/05/2012, 16:13 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 16 kantong jenazah yang terkumpul di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur, telah dibuka. Tim Disaster Victim Identification (DVI) kemudian akan mengelompokkan isi kantong tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian yang juga Ketua Tim DVI Nasional Brigadir Jenderal (Pol) Musaddeq, Minggu (13/5/2012) di Jakarta. "Yang 16 sudah dibuka, lima kantong lagi malam ini," kata Mussadeq.

Ia menargetkan sebanyak 21 kantong jenazah yang terkumpul hingga saat ini bakal selesai dibuka malam ini. Malam ini juga, tim DVI melakukan identifikasi gigi geligi (odontologi forensik), dan patologi forensik. "Setelahnya, identifikasi DNA," tambah Musaddeq. Dia juga memastikan, proses identifikasi akan dilakukan secara profesional, transparan, akuntabel, dan independen.

Sejauh ini, sebanyak 21 kantong jenazah telah tiba di RS Polri. Tiga kantong di antaranya berisi barang-barang yang ditemukan di lokasi kejadian, seperti pakaian, perhiasan, kartu identitas, dan lainnya. "Sejak kemarin siang, DVI sudah bekerja, melaksanakan pemeriksaan kedokteran forensik, melaksanakan pengambilan sampling terhadap jenazah untuk dilakukan pemeriksaan DNA," kata Musaddeq.

Adapun tim forensik yang tergabung dengan DVI berasal dari tim Rusia pimpinan dokter Andrey Kovalev serta sejumlah pakar dari universitas-universitas di Indonesia. Rencananya, pada Selasa (15/5/2012), akan tiba ahli DNA Rusia, Pavel Inavov, yang membantu proses identifikasi jenazah korban.

"Langkah kami selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan DNA terhadap jenazah. Ini yang kami sampaikan membutuhkan waktu, mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan," kata Musaddeq.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.