Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afrika Selatan Kena Sanksi AS

Kompas.com - 11/05/2012, 19:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Afrika Selatan akan terkena sanksi dari Amerika Serkat lantaran masih saja mengimpor minyak dari Iran. Padahal, saat ini, AS dan sekutunya tengah berseteru dengan Iran.

Asosiasi Industri Minyak Afrika Selatan (PIA) mengemukakan hal itu di Cape Town. Menurut warta koran lokal Beeld pada Jumat (11/5/2012), Washington sudah menetapkan tenggat 28 Juni 2012 sebagai batas mengurangi secara signifikan pembelian minyak dari Iran. "Afrika Selatan akan terkena sanksi ekonomi dari AS," kata PIA.

Kendati demikian, impor minyak dari Iran adalah bukan pertimbangan bisnis PIA. "Ini pertimbangan politik dan tekanan politik," kata Direktur Eksekutif PIA Avhapfani Tshifularo.

Menurut Tshifularo, pihaknya menanti keputusan kabinet pada akhir Mei ini. "Kami akan mengikuti instruksi kabinet nantinya," katanya.

Afrika Selatan pada Maret mengimpor 505.908 ton minyak mentah dari Iran. Bulan sebelumnya, impor berjumlah 417.188 ton. Sedikitnya 26 persen dari impor bulanan minyak mentah Afrika Selatan berasal dari Iran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com