Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: 1 Juni Gerakan Penghematan Energi Berlaku

Kompas.com - 11/05/2012, 18:38 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, gerakan penghematan energi nasional akan diberlakukan serentak pada 1 Juni 2012. Saat ini, pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum gerakan tersebut dilaksanakan.

"Sosialisasi penting sehingga tidak menimbulkan distorsi," kata Hatta kepada para wartawan di Jakarta, Jumat (11/5/2012).

Hatta berharap, masyarakat dapat memahami tujuan dari gerakan penghematan energi ini. Pemerintah berupaya mengendalikan kuota BBM bersubsidi sebanyak 40 juta kilo liter sesuai yang dipatok pada APBN Perubahan 2012.

Penggunaan di atas 40 juta kilo liter dapat memengaruhi kesehatan APBN P 2012. "Jadi, kita harus disiplin dan mencegah kebocoran," kata Hatta singkat.

Sebelum gerakan penghematan energi nasional diberlakukan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berpidato terkait penghematan energi, termasuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 23 Mei 2012. "Presiden memberikan pidato untuk menjalankan semua paket kebijakan (penghematan energi nasional)," kata Menteri ESDM Jero Wacik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com