Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Bogor Jadi Tempat Wisata

Kompas.com - 10/05/2012, 15:07 WIB

BOGOR, KOMPAS - Puluhan ribu warga dan wisatawan diperkirakan mendatangi Istana Bogor Open dan Paledang Fest’12 pada pertengahan Mei mendatang. Kesempatan masyarakat untuk mengunjungi Istana Bogor pada akhir pekan diperkirakan jadi daya tarik utama wisatawan untuk mendatangi Kota Bogor.

”Kami memperkirakan sekitar 70.000 orang berpartisipasi mengikuti acara Istana Bogor Open pada 14-16 Mei dan 19-20 Mei,” tutur Ketua Panitia Istana Bogor Open dan Paledang Fest’12 Mursyida, Rabu (9/5/2012).

Istana Bogor Open dan Paledang Fest’12 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-530 Bogor. Masyarakat mendapat kesempatan mengunjungi Istana Bogor dengan didampingi pemandu tanpa dipungut biaya. Masyarakat bisa mendaftar sebelum acara atau pada hari pelaksanaan.

Menurut Mursyida, hingga Rabu siang, setidaknya sudah ada 4.000 orang yang mendaftar untuk mengikuti Istana Bogor Open. Namun, dia memperkirakan jumlah pengunjung akan melampaui peserta tahun lalu yang sekitar 65.000 orang. Pasalnya, tahun ini masyarakat bisa mengunjungi Istana Bogor pada akhir pekan, Sabtu-Minggu (19-20 Mei), sedangkan tahun lalu pengunjung tidak bisa masuk pada akhir pekan.

”Apalagi juga ada Paledang Fest yang kami gelar bersamaan dengan Istana Bogor Open, akan membuat lebih banyak orang datang,” tuturnya.

Agung S Badarudin, pengurus Bogor Heritage, salah satu penyelenggara Paledang Fest’12, menambahkan, dalam festival yang diselenggarakan tidak jauh dari Istana Bogor itu, pengunjung bisa melihat aneka produk seni dan budaya Kota Bogor serta pameran pariwisata.

Surya (25), warga Sindangbarang, Bogor Barat, yang mendaftarkan 15 kerabatnya untuk mengikuti Istana Bogor Open, mengaku belum pernah mengunjungi Istana Bogor. Dia mengaku hendak melihat kamar yang pernah digunakan Presiden Soekarno serta ingin tahu ruangan di dalam Istana Bogor.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fetty Qondarsyah mengatakan akan meminta guru secara kolektif mendaftarkan siswanya untuk melihat Istana Bogor. Dia berharap pengalaman menyaksikan kondisi Istana Bogor secara langsung bisa menambah wawasan siswa.

”Kebetulan itu kan setelah ujian sekolah dasar sehingga ada kesempatan juga siswa untuk mengikutinya,” ujar Fetty. (GAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com