Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Waisak dan Selesai Ujian Lalu Lintas Padat

Kompas.com - 05/05/2012, 20:45 WIB
Doddy Wisnu Pribadi

Penulis

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Kombinasi libur Hari Raya Waisak yang jatuh hari Sabtu (5/5/2012) dan selesainya ujian nasional sekolah menengah SMA dan SMP, membuat lalu lintas di jalan raya ruas Surabaya-Mojokerto-Madiun menjadi amat padat.

Ruas ini pada akhir pekan lalu saja, tidak sepadat sekarang, saat kendaraan meluber keluar dari badan jalan. Pengamatan di ruas ini pada Sabtu malam menunjukkan meluapnya moda transportasi umum dan pribadi roda empat hingga sepeda motor ke jalanan.

Tidak hanya moda angkutan penumpang, jalanan juga dibuat sesak oleh moda angkutan barang yang amat memakan ruang jalan raya. Sepeda motor memenuhi jalanan dan meluber hingga median jalan.

Didik (35), pekerja industri perkayuan di Gresik yang ditemui sedang istirahat makan mengungkapkan, setiap akhir ia pulang ke Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, dan mendapati hari ini lalu lintas amat padat sekalipun tak sampai menimbulkan kemacetan.

"Minggu lalu tak sepadat ini," katanya.

Pemandangan pada pengguna sepeda motor menampakkan gejala yg mirip dengan penunggang sepeda motor di Jakarta saat lebaran, yakni pasangan suami istri ditambah anak dan barang bawaan.

Tampak benar ruas ini merupakan jalur urbanisasi, dan malam ini merupakan hari ketika kaum urban Surabaya kembali ke wilayah asalnya.

Didik menjelaskan, seminggu atau dua minggu sekali warga asal kota-kota satelit Surabaya, hingga Kediri, Tulungagung, Trenggalek, dan Blitar pulang ke kampung halaman, menggunakan sepeda motor.

Itu artinya mereka menempuh hingga 200 kilometer pergi-pulang setiap dua pekan, menunjukkan bahwa hasil kerja di kota tak cukup besar untuk membangun hidup di kota besar, sehingga masih mempertahankan hidup pedesaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com