Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Teringat Penyakitnya

Kompas.com - 02/05/2012, 17:02 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Menurut Dahlan, mereka sama-sama diserang penyakit kanker.

"Saya terkena kanker hati, beliau kanker paru. Saya berobat dengan cara transplan dan berhasil, beliau menggunakan berbagai upaya, termasuk yang sudah paling modern. Kanker parunya sendiri berhasil diobati sampai bersih. Namun, karena kanker beliau sudah menyebar ke tulang, lebih sulit mengatasinya," kenang Dahlan lewat pesan singkat kepada media di Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Kebetulan tadi malam Dahlan juga sempat menjenguk Ibu Endang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Dahlan beserta keluarga juga menyempatkan berdoa sambil membaca Al Quran di samping tempat tidur beliau. Demikian juga suaminya, Bapak Reanny Mamahit.

Kenangan dengan mantan Menkes itu, Dahlan selalu diminta untuk memberikan pidato kesaksian di hari hepatitis setiap tahunnya. Hal itu dilakukan bahkan sebelum Dahlan menjadi Direktur Utama PLN.

Menurut Dahlan, Endang adalah sosok pekerja keras, bahkan kian keras kerjanya ketika tahu terkena kanker. Sebagai seorang peneliti yang tangguh, ia lebih tahu ke mana akhirnya penyakitnya itu dan apa saja akibatnya.

"Karena itu, beliau memilih memanfaatkan sisa hidupnya dengan mengabdi lebih serius," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com