Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Aceh Mengubah Langgam Gunung Api

Kompas.com - 01/05/2012, 20:46 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil riset kerja sama antara Kementerian Riset dan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Japan Science and Technology (JST), dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menunjukkan bahwa langgam gunung api Indonesia berubah.

"Sejumlah publikasi menyebutkan bahwa gempa di Aceh pada tahun 2004 telah mempengaruhi pola aktivitas gunung api di dunia. Di Indonesia, bukti empirisnya sudah jelas," kata Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Jakarta, Selasa (2/5/2012).

Bukti nyata adanya perubahan langgam gunung api adalah letusan Merapi tahun 2010 lalu. Merapi dikenal dengan letusannya yang kalem atau tidak meledak-ledak. Namun, tahun 2010 lalu, Merapi seperti mengamuk. Rentetan letusan terjadi bulan Oktober hingga November 2011.

Letusan Gunung Sinabung menjadi bukti lain. Gunung ini diketahui sudah tidak meletus sejak tahun 1600 lalu. Tapi, pada Agustus 2010, gunung yang ada di Karo, Sumatera Utara ini tiba-tiba saja memuntahkan lava.

Sementara, bukti terakhir adalah letusan Kelud pada tahun 2007. Dalam 100 tahun sebelumnya, Kelud meletus secara eksplosif. Namun, pada tahun 2007 lalu, Kelud meletus secara efusif, membingungkan para ahli, pemerintah dan 15.000 warga sekitar yang mengungsi.

"Ini membuktikan bahwa aktivitas tektonik memang mempengaruhi aktivitas vulkanik," ungkap Surono yang ditemui

Ancaman "Lemparan Batu" Kelud

Di antara semua gunung api, Gunung Kelud menjadi salah satu yang paling perhatian peneliti. Letusan gunung ini disebut-sebut menjadi salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Kediri beberapa abad lalu.

Surono mengatakan, letusan Kelud sebelumnya diketahui "cepat selesai". Bisa terjadi letusan 2 kali yang besar dan besar sekali. Material yang dilontarkan dari letusan bisa mencapai 150 - 250 juta meter kubik, melebihi Merapi.

Saat ini, danau yang ada di Gunung Kelud hilang tertutup kubah lava. Hal ini akan mempengaruhi perilaku letusan Kelud. Dari letusan yang bersifat menyapu seperti "kelud", gunung di Jawa Timur ini bisa meletus lebih dahsyat.

"Karena danau tersumbat kubah lava, maka letusannya nanti pasti tidak akan seperti dulu. Pada saat meletus nanti Kelud akan melemparkan batu. Ini dampaknya nanti akan lebih besar, " jelas Surono.

Pemantauan Penting

Surono mengungkapkan, adanya perubahan perilaku gunung api menunjukkan bahwa manusia tidak bisa terlena dengan pakem yang sudah ada. Pemantauan aktivitas gunung api mesti terus dilakukan untuk tujuan mitigasi bencana.

"Sejarah letusan gunung api bukan harga mati. Akhir dari letusan gunung api berkaitan dengan letusannya sekarang," papar Surono.

Pemantauan perlu diprioritaskan pada gunung api kota seperti Gunung Lokon, Gunung Merapi, Gunung Guntur, Gunung Gede, Gunung Kelud dan Gunung Tangkuban Perahu. Beberapa wilayah gunung yang menjadi lokasi wisata perlu mendapat perhatian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com