Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cincin, Perhiasan Paling Digemari

Kompas.com - 01/05/2012, 17:56 WIB

KOMPAS.com - Perhiasan buatan Indonesia, dengan ragam desain inovatif dan bahan baku variatif terbukti digemari pecinta perhiasan dalam dan luar negeri. Dari aneka jenis perhiasan, emas paling unggul dibanding perak atau bebatuan. Sementara dari segi item, cincin paling digemari dibandingkan anting juga kalung dan gelang.

"Perhiasan yang paling mudah terlihat, ini yang paling digemari pengguna. Dalam hal ini cincin merupakan hot item karena paling mudah terlihat, dibandingkan anting atau kalung," jelas Iskandar Husin, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) seusai jumpa pers di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Fakta inilah yang didapatkan Iskandar dari pengalaman APEPI mendukung pameran perhiasan internasional lima tahun terakhir. Pameran perhiasan berskala internasional ini mempertemukan buyer juga pengguna akhir perhiasan, dengan para produsen dan perajin perhiasan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari beberapa negara tetangga.

Beragam tipe cincin dengan desain terkini dan mengikuti tren terbaru juga bisa Anda dapatkan di Jakarta International Jewellery Fair (JIJF) 2012 ke-5 di Balai Kartini, 3-6 Mei mendatang.

Tren perhiasan emas

Jika tertarik mengoleksi cincin emas, ada baiknya Anda mengikuti tren terkini. Menurut Catur Limas, Chief Marketing PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), emas cenderung digemari karena dapat berfungsi ganda, sebagai alat berhias dan investasi.

Catur menjelaskan, perhiasan emas dengan bebatuan ragam warna cenderung makin digemari setahun terakhir ini. Terutama bagi pecinta perhiasan di Jakarta dan Jawa Barat. Meskipun pada lima tahun lalu, model perhiasan emas seperti ini tak dianggap menarik.

Bicara tren perhiasan emas pada 2012, Catur menjelaskan, perpaduan shiny dan matte pada finishing juga digandrungi. Penggemar perhiasan juga menyukai emas dengan desain mengadopsi bentuk nyata seperti flora dan fauna. 

"Jika dulu banyak orang lebih menyukai gaya perhiasan emas yang abstrak, akhir-akhir ini gaya perhiasan cenderung realis," tuturnya.

Perhiasan emas dengan desain etnik juga menjadi tren di tahun ini. Rupanya kecintaan akan Indonesia yang gencar didengungkan memengaruhi model dan tren perhiasan emas. Terakhir, tren perhiasan emas pada 2012 adalah diamond style.

Perhiasan apa pun yang Anda suka, cincin, kalung, liontin, atau gelang, saat mengoleksinya Anda bisa menjadikan tren perhiasan emas 2012 ini sebagai panduannya.

Jika ingin selangkah lebih maju, Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa tren perhiasan 2013 melalui Jewellery Fashion Show yang diperagakan lebih dari 30 model di ajang JIJF 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com