Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Massa SBTPI dan FPJB Datangi Istana

Kompas.com - 01/05/2012, 16:12 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa kaum buruh memperingati Hari Buruh Sedunia di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2012), terus berlanjut.

Ribuan buruh dari Front Perjuangan Rakyat (FPR), Gabungan Serikat Pekerja Manufaktur Independen Indonesia (GSPMI), dan Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) yang sejak pukul 14.00 WIB datang ke depan kantor presiden, mendapatkan tambahan sekitar seribu orang dari Serikat Buruh Transportasi Indonesia (SBTPI) dan Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek (FPBJ).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, para buruh yang kebanyakan terdiri dari pemuda dan ibu-ibu tersebut berjalan dari kawasan Patung Kuda Indosat melewati Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Negara, bergabung dengan kawan-kawan mereka yang sedari tadi melakukan aksi.

Seperti sebelumnya, para buruh yang kebanyakan berasal dari kawasan pabrik di Tangerang tersebut menyampaikan penolakannya terhadap kebijakan outsourcing dan menuntut upah yang layak.

"Hidup buruh, hidup rakyat," teriak para buruh.

Arus lalu lintas di depan Istana Merdeka masih ditutup untuk kendaraan bermotor. Aparat kepolisian dengan peralatan lengkap tampak masih berjaga-jaga di halaman Istana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com