Merah Putih Berkibar di Jayapura

Kompas.com - 01/05/2012, 09:46 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAYAPURA, KOMPAS.com — Bendera Merah Putih berkibar di sepanjang jalan dari Sentani hingga Jayapura, Papua, Selasa (1/5/2012). Pengibaran puluhan bendera Merah Putih di median dan tepian jalan raya ini merupakan bagian dari peringatan integrasi Irian Jaya (sekarang Papua) dari Belanda ke Indonesia pada tanggal 1 Mei 1963.    

Selain banyaknya bendera Merah Putih yang dikibarkan, upacara bendera untuk memperingati bergabungnya Papua ke Indonesia digelar di Lapangan Khalkote, Sentani, yang berada di tepi Danau Sentani.      

Namun, sebaliknya, hari ini juga diperingati oleh mereka yang menginginkan Papua merdeka sebagai hari kemerdekaan. Karena itu, di sejumlah titik, mereka berkumpul dan bersiap berunjuk rasa. Atribut yang melambangkan bintang kejora terlihat dipakai sejumlah pengunjuk rasa.     

Beberapa titik berkumpulnya para pengunjuk rasa adalah lapangan di Sentani dan Waena. Banyak dari mereka sudah naik truk untuk berunjuk rasa di Jayapura. Ratusan polisi terlihat berjaga di dekat para pengunjuk rasa. Mobil water cannon pun disiapkan polisi. (APA/KOR) 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.