AGRA Turut Tolak Sistem "Outsourcing" di Hari Buruh

Kompas.com - 29/04/2012, 14:47 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Aliansi Gerakan Reformasi Agraria (AGRA) Lampung turut menolak kebijakan outsourcing, dalam sistem pengadaan tenaga kerja. Penolakan sistem outsourcing ini menjadi isu utama dalam pelaksanaan Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day).

Praja Wiguna, aktivis AGRA, melalui siaran persnya Minggu (29/4/2012), menyatakan, hampir semua elemen masyarakat yang akan turun pada peringatan May Day, baik di tingkat nasional maupun daerah, sepakat melakukan protes terhadap praktek outsourcing.

"Meski MK telah membatalkan sebagian pasal terkait outsourcing beberapa waktu lalu, sampai dengan saat ini outsourcing adalah mainstream pola hubungan kerja di berbagai industri," ujar Praja, yang mendesak pemerintah menghapus sebagian aturan terkait praktek outsourcing.

Kampanye penolakan upah murah, penghapusan outsourcing, dan penolakan kenaikan BBM menjadi isu utama May Day tahun ini, termasuk di Lampung. Aksi yang dilakukan AGRA itu juga dilakukan serentak di seluruh kota di Indonesia, dan beberapa negara seperti Hongkong, Macau, Belanda, dan beberapa negara lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.