Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik "Beresin Jakarta" untuk Diwakafkan

Kompas.com - 27/04/2012, 08:51 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini baru saja meluncurkan kemeja batik yang dinamai batik "Beresin Jakarta". Saat acara peluncuran, pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang diusung Partai Keadilan Sejahtera ini menyatakan, batik berwarna oranye itu diproduksi bukan untuk kepentingan mencari profit.

"Batik ini tidak akan kami jual, tapi akan diwakafkan bagi warga Jakarta," kata Hidayat saat peluncuran di pusat perbelanjaan Thamrin City, Jalan Thamrin Boulevard, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2012).

Meski demikian, pasangan ini tidak melarang jika ada pihak yang membeli dalam jumlah besar untuk diperdagangkan kembali. Demikian pula jika ada orang perorangan yang mendapat batik tersebut dan menjual kembali.

"Kalau ada yang mau menjualnya kembali, ya monggo. Ini sumbangsih kreasi kami bagi warga Jakarta," kata Hidayat.

Pada kesempatan yang sama, Didik yang berlatar belakang ekonom menambahkan, pilihan pada produk batik dikarenakan batik memiliki nilai ekonomi. "Kenapa batik diproduksikan oleh kami, (batik) penting karena punya nilai ekonomi. Bisa terjadi perputaran uang dalam skala besar pada tiap produksi jenis pakaian," ujar Didik.

Untuk sementara yang diluncurkan tim Hidayat-Didik baru terbatas kemeja pria. Sebenarnya telah dipajang pula pakaian batik wanita. Model tersebut saat ini belum didistribusikan untuk umum. "Yang wanitanya masih sampel, belum diproduksi dalam jumlah besar," kata salah seorang anggota tim sukses Hidayat-Didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com