Foke Resmikan Pencanangan Persiapan Pembangunan MRT

Kompas.com - 26/04/2012, 17:07 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamis (26/4/2012) sore ini, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan pencanangan pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Tahap I koridor Selatan-Utara sepanjang 15,7 km dari Lebak Bulus-Bundaran HI.

"Dengan pencanangan ini saya bisa bernafas lega dan kami membuktikan bahwa kami serius dan benar berniat untuk membuatnya. We really meant it," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat memberikan sambutan di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Pekerjaan persiapan yang langsung bisa dimulai antara lain Pemindahan Terminal Angkutan Umum Lebak Bulus, pemindahan Stadion Olahraga Lebak Bulus, pemindahan ultilitas, pelebaran Jalan Fatmawati, dan pembangunan kantor proyek.

"Kehadiran proyek ini akan memberikan rasa optimis kepada warga Jakarta terhadap penyelesaian beban transportasi di Ibu Kota Negara ini," ujar Foke.

Ia mengatakan, kapasitas daya angkut untuk MRT ini diperkirakan sekitar 420.000 penumpang per hari. Sehingga masyarakat dapat merasakan transportasi massal yang aman dan nyaman. Pembangunan fisik yang nantinya akan dibangun oleh PT MRT Jakarta dimulai awal 2013 nanti dan ditargetkan beroperasi sekitar awal 2016 nanti.

Untuk koridor tahap I (Lebak Bulus-Bundaran HI) ini diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 17 triliun. Proyek ini dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah melalui pinjaman luar negeri Jepang, yaitu Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan bentuk kerja sama Government to Government dalam bentuk Special Term for Economic Partnership (STEP loan) dengan bunga pinjaman rendah di bawah satu persen.

"Insya Allah, tidak ada kendala yang berarti di kemudian hari, karena persiapannya betul-betul sudah matang. Setelah segala sesuatunya betul-betul siap, baru Pemprov yakin untuk me-launchingnya secara resmi ke masyarakat," kata Fauzi Bowo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.