Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: "Not Only Talk, But to Act"

Kompas.com - 25/04/2012, 11:43 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan, ada 10 hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan industri kreatif. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas produk. "Pertama, bisnis handicraft dalam realitanya terus meningkat. Dan ini tentu merupakan sumbangan yang sangat berarti bagi perekonomian kita," sebut Presiden dalam acara pembukaan Inacraft 2012, di Gedung Balai Sidang, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Hal kedua, yakni para pelaku industri harus menjaga dan meningkatkan kualitas produk. Presiden menyebutkan, kualitas produk harus dijaga bila produk mau menyasar pasar dalam dan luar negeri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara pelatihan, membawa teknologi yang tepat, dan membandingkan dengan produk-produk luar negeri.

"Urusan permodalan usaha itu juga harus mudah diakses," tambahnya, menyebut hal yang ketiga. Menurut dia, sekarang ini baik badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta kian giat memberikan permodalan bagi usaha kreatif kecil dan menengah melalui corporate social responsibility (CSR).

Keempat, manajemen usaha harus dikelola dengan baik. Kelima, promosi dan pemasaran harus dilaksanakan secara efektif. Pemasaran dan promosi bisa dilakukan melalui ajang seperti Inacraft. "Bagaimana kita bisa menyebarluaskan dan dunia tahu bagaimana kelebihan handicraft kita," tambahnya.

Keenam, penjualan itu sangat penting dan harus sukses. Pelaku usaha tidak hanya promosi, tetapi harus berusaha agar barangnya terjual atau terbeli. "Tembuslah pasar dalam dan luar negeri," tegas Presiden.

Ketujuh, pelaku usaha harus memperhatikan hak paten, merek, dan hak kekayaan intelektual. Hal ini tidak boleh diabaikan mengingat banyak yang suka produk Indonesia. Oleh sebab itu, kata Presiden, jangan lupa mencantumkan keterangan bahwa produk yang dijual adalah produk Indonesia. Dengan begitu, pelaku usaha tidak perlu khawatir produk akan dibajak.

Kedelapan, produk harus ramah lingkungan. Baik diawasi maupun tidak, lingkungan harus dijaga. Bila produk kerajinan kayu, pastikan kayu yang didapat tidak merusak lingkungan. Kesembilan, pelaku usaha mendapat bimbingan dan pembinaan dari pemerintah daerah hingga jajaran BUMN. "Kesepuluh, diperlukan kebijakan dan regulasi yang tepat," tambah Presiden.

Menurut Presiden, kesepuluh faktor itu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan pengusaha industri kreatif maupun pemerintah dan asosiasi. "Not only talk but to act. Jadi, kalau kita tahu 10 hal penting, bukan dibicarakan, dipidatokan, mari sama-sama kita kerjakan dari pusat," pungkas Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com