Kemlu Telusuri 3 TKI Korban Penembakan

Kompas.com - 24/04/2012, 18:17 WIB
Penulis Hindra Liauw
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri  Marty Natalegawa mengatakan, pemerintah akan menyelidik penyebab meninggalnya tiga tenaga kerja Indonesia asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, di Malaysia.

Ketiga TKI tersebut adalah Herman, Abdul Kadir Jaelani, dan Mad Noon, ditembak oleh tentara Diraja Malaysia. Selain itu, ada dugaan organ ketiganya diambil.

"Upaya penghimpunan informasi itu dilakukan serentak melalui Kedutaan Malaysia di Jakarta melalui duta besarnya, serta melalui KBRI di Kuala Lumpur. Di antaranya, KBRI telah menghubungi rumah sakit di mana (ketiga TKI) diotopsi," kata Marty, kepada para wartawan.

Ada dua informasi yang akan ditelusuri, yakni penyebab meninggalnya ketiga TKI tersebut serta adanya dugaan pencurian organ tubuh. Penghimpunan informasi dilakukan oleh kepolisian Indonesia yang berada di Malaysia dan juga kuasa hukum.

Terkait hal ini, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan keprihatinan atas kasus ini ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Malaysia. Menurut dia, Kemlu Malaysia juga menyampaikan keprihatinan yang sama.

Terkait dorongan Parlemen agar pemerintah melakukan otopsi ulang terhadap tiga jenazah tersebut, Marty mengatakan, dirinya menyerahkan kepada keluarga TKI.

"Apa pun yang menjadi pilihan keluarga, itu menjadi pilihan Pemerintah Indonesia," kata Marty.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X