Catat...Enam Kelebihan Material Gipsum!

Kompas.com - 23/04/2012, 14:55 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Gipsum sebagai material non struktural memiliki banyak kelebihan sehingga aman dan mudah diaplikasikan dalam hunian. Setidaknya, ada enam kelebihan material ini yang acapkali digunakan untuk kebutuhan plafon dan penyekat ruangan ini.

Enam kelebihan tersebut adalalah aman bagi kesehatan dan lingkungan, tahan terhadap api, materialnya ringan dan fleksibel, finishing yang lebih rapi dan halus, hemat energi, serta aman saat gempa.

Aman bagi kesehatan dan lingkungan

Kini, lewat uji laboratorium lokal maupun internasional, gipsum aman untuk kesehatan dan lingkungan. Seperti pengujian gipsum produksi BORAL Jayaboard, dengan standar produksi AS 2588 (Australian Standard) dan internasional ASTM C 1396 (American Standard), bisa dibuktikan bahwa radiasi dari gipsum Jayaboard justeru jauh di bawah radiasi batu bata. Bahkan, jauh lebih rendah daripada lapisan mebel atau produk furnitur di sekeliling kita.

Gipsum yang diproduksi oleh Jayaboard tidak mengandung asbestos, atau senyawa kimia yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan volatile organic compound atau VOC-nya jauh di bawah ambang batas yang ditentukan.

Tahan terhadap api

Pemakaian gipsum untuk plafon atau penyekat aman dari bahaya kebakaran. Ini karena materialnya tidak mudah terbakar serta tidak menyebarkan panas. Jika terkena api, bahan material kertasnya saja yang terkena, namun tidak akan menyebarkan api. Bahkan, gipsum memiliki kemampuan untuk memblokir panas. Saat sumber api padam, api tidak akan menjalar pada gipsum serta menyebar ke material lainnya.

Ringan dan fleksibel

Gipsum dipilih salah satunya karena material ini ringan dibandingkan material non-struktural lainnya. Gipsum produksi BORAL Jayaboard, ini misalnya, mengembangkan riset dan quality control yang menjadikan produk gipsum memiliki bobot paling ringan, kelendutan minimal, namun tetap kuat. Inovasi ini terinpirasi dari struktur sarang lebah (honey comb) yang diterapkan pada inti papan gipsum.

Teknologi honey comb structure ini merupakan satu-satunya di Indonesia dalam hal produksi papan gipsum. Kelendutan atau sagging adalah penurunan plafon papan gipsum dari level datarnya karena daya beban material terhadap ukuran bentangan. Saat ini, papan gipsum Jayaboard telah diakui pasar karena mempunyai kelendutan paling minimal.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.