Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Indonesia Juga Persiapkan Konferensi Rio+20

Kompas.com - 23/04/2012, 13:33 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Global Compact Network, sebuah organisasi yang terdiri perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, sedang menyiapkan diri untuk turut serta dalam Konferensi PBB Rio+20 pada bulan Juni besok. Ini merupakan pertemuan untuk menentukan keberlanjutan bumi.

Asisten Deputi Urusan Pengendalian Ekosistem Perairan Darat Kementerian Lingkungan Hidup, Hermono Sigit, Senin (23/4/2012) di Jakarta, mengharapkan IGCN membuka mata masyarakat pada salah satu isu krisis air yang sudah mulai dirasakan sebagian warga dunia.

"Air merupakan kebutuhan makhluk hidup, termasuk manusia, yang tidak bisa digantikan dengan lain," ucapnya di sela-sela Peringatan Hari Bumi (Menuju Rio: Lebih Dekat Mengenal Air) di Kampus Binus Jakarta.

Acara yang digelar Indonesia Water Mandate Working Group, program di bawah IGCN ini menjadi salah satu bahan untuk dibahas dalam pertemuan Rio yang digelar sepekan sebelum konferensi yang dihadiri para kepala negara itu. Perusahaan pulp dan kertas APP, menjadi ketua kelompok kerjanya.

Presiden IGCN, YW Junardy mengatakan tema yang diangkat dalam salah satu sesi di Rio+20 adalah "Kerja sama Multisektor untuk Mengatasi Permasalahan Air". Di situ, berbagai permasalahan air bersih akan diidentifikasi dan diambil langkah nyata dalam penanggulangannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com