Didik: Warga Jakarta, Orang yang Paling Menderita

Kompas.com - 13/04/2012, 22:16 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Didik Rachbini menilai warga Jakarta termasuk orang-orang yang paling menderita di dunia. Penyebabnya tidak lain dari kemacetan di jalan-jalan Ibukota yang semakin parah dari hari ke hari. "Warga Jakarta termasuk orang-orang yang paling menderita di dunia. Stres karena macet dan tidak ada alternatif transportasi yang memadai," kata Didik Rachbini saat memaparkan program kepada wartawan di Apartemen Park Royale, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (13/4/2012).

Bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Keadilan Sejahtera itu menjelaskan untuk tingkat Asia sekali pun Ibukota Indonesia terhitung terbelakang dalam hal penanganan transportasi. Pasalnya, hanya tersisa tiga kota di Asia yang masih bermasalah dengan kemacetan.

"Itu pun Manila sudah mulai mengembangkan sistem transportasi cepat. Berarti di Asia tinggal Jakarta dan Mumbay (India) yang dililit kemacetan. Kota lainnya sudah bisa dibereskan wali kota atau gubernurnya," kata pengamat ekonomi yang menjadi pasangan Hidayat Nur Wahid dalam pilkada DKI Jakarta mendatang.

Karena itu, salah satu prioritas pasangan Hidayat-Didik jika menjadi pemimpin Jakarta adalah membenahi sektor transportasi. Sebagai kerangka dasar dalam paparan konsep transportasi Jakarta, Didik cenderung ke transportasi massal yang dikembangkan Kuala Lumpur dan Singapura. "Saya tidak malu dianggap meniru Singapura dan Kuala Lumpur. Monorel di Kuala Lumpur sangat bagus dan punya banyak line (jurusan), ada delapan line," lanjut Didik yang baru pekan lalu melakukan studi banding di Singapura dan Kuala Lumpur.

Ia menjelaskan, baik monorel di Malaysia maupun MRT di Singapura selalu dipenuhi penumpang. Meski demikian, kenyamanan kedua moda transportasi massal itu tidak berkurang. Itulah sebabnya banyak orang meninggalkan kendaraan pribadi dan memilih bepergian dengan transportasi umum. Hal itulah yang hendak dikembangkan pasangan yang diusung PKS itu di Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.