Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Australia: Saya Suka Morotai

Kompas.com - 05/04/2012, 10:44 WIB
Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com — Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greeg Moriarty, mengagumi keindahan Pulau Morotai di Maluku Utara yang secara geografis terletak di bibir Samudra Pasifik. Pulau Morotai merupakan pulau bersejarah semasa Perang Dunia II.

"Morotai sangat indah. Saya suka Morotai karena indah, harus bangun Morotai," kata Greeg di Morotai, Rabu (4/4/2012). Ia berkunjung ke Morotai dalam rangka meninjau pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Morotai. PNPM Mandiri merupakan upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi.

Di Morotai, Greeg sempat mengunjungi sejumlah peninggalan PD II, di antaranya makam para tentara Sekutu. Ia juga menyempatkan diri mengunjungi sebuah museum mini yang dibangun secara swadaya oleh warga setempat. Museum mini ini menampung beragam peninggalan PD II. Banyak sekali selongsong peluru yang ada di museum itu. Beragam jenis bom ukuran besar dari berbagai negara juga ada. Ada pula samurai jepang.

Greeg tampak tersenyum simpul saat menemukan sebuah pin milik tentara Australia. Pin itu berbentuk binatang khas Australia, kanguru. "Bagus, bagus. Harus dilanjutkan," puji Greeg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com