Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Bank Muamalat Terbitkan Sukuk

Kompas.com - 04/04/2012, 02:33 WIB

Jakarta, Kompas - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dipastikan menambah modal melalui penerbitan sukuk subordinasi sebesar Rp 1,5 triliun. Untuk tahap pertama, akan ditawarkan sebesar Rp 800 miliar pada akhir Juni mendatang.

Dana yang diperoleh dari penerbitan sukuk itu untuk meningkatkan rasio kecukupan modal, seiring dengan rencana pertumbuhan aset 15-25 persen dan pertumbuhan pembiayaan 50 persen pada tahun ini.

”Penerbitan sukuk dalam tahap persiapan, baik legalitas maupun finansial, termasuk izin ke regulator,” kata Direktur Utama Bank Muamalat Arviyan Arifin dalam jumpa pers paparan kinerja, di Jakarta, Selasa (3/4).

Tiga perusahaan ditunjuk sebagai penjamin emisi, yakni PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Indo Premier Securities. Sukuk sama halnya dengan obligasi, tetapi diterbitkan oleh perusahaan yang berbasis syariah. Sukuk ini masuk ke dalam kelompok modal tier-2 atau modal pelengkap.

Seperti dijelaskan Direktur Keuangan dan Operasi Bank Muamalat Hendiarto, dana yang diperoleh dari penjualan sukuk dapat menambah rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/ CAR) sekitar 4 persen. Jadi, jika rencana ekspansi tahun ini terlaksana, CAR akhir Desember 2012 sekitar 12,1 persen.

Selain sukuk subordinasi dalam bentuk rupiah yang berjangka waktu 10 tahun, Bank Muamalat juga membuka kemungkinan menerbitkan sukuk global dengan mata uang dollar AS. Hendiarto menyampaikan, kepastian penerbitan sukuk global akan mempertimbangkan hasil penawaran sukuk subordinasi.

”Bila dirasa memungkinkan, kami sebenarnya ingin juga sebagian sukuk itu diterbitkan dalam dollar AS,” ujarnya. (IDR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com