Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Padang Ratu Ancam Mogok Makan

Kompas.com - 03/04/2012, 12:51 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Sudah dua pekan ini warga Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, bertahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Lampung. Belum ada tanda-tanda mereka akan menghentikan aksi itu. Bahkan, pada Selasa (3/4/212) mereka mengancam akan melakukan mogok makan.

Mereka menuntut BPN mengambil alih lahan seluas 238 hektar yang dikuasai PT Sahang Bandar Lampung. "Padahal, HGU (hak guna usaha) mereka sudah habis 2008. Kami mendesak BPN segera mengeluarkan surat yang mengambil alih tanah itu ke negara untuk kemudian diredistribusikan kembali ke warga setempat berdasarkan bukti kepemilikan," ujar Isnan Subkhi, aktivis dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Lampung yang mendampingi warga.

Ia menambahkan, pihaknya sudah mendapat kabar bahwa BPN Pusat telah mengeluarkan surat terkait tanah obyek sengketa itu. Namun, hasilnya tidak sesuai harapan.

"Pemkab kabarnya mau menyerahkan surat itu kepada kami. Tetapi, kalau isinya tidak sesuai (keinginan) kami, hanya mengalihkan isu, kami akan mogok makan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com