Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Hakim Mogok Tak Berimbas di Medan

Kompas.com - 29/03/2012, 15:51 WIB
Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Kabar tentang akan adanya aksi mogok sidang yang dilakukan para hakim di sejumlah daerah di Tanah Air juga terdengar di Medan. Disebut-sebut, alasan mogok para aparat penegak hukum itu adalah karena selama 11 tahun terakhir uang tunjangan mereka tidak dinaikkan.  Namun, kabar itu mendapat respons yang dingin di Medan.

Para hakim di Medan mengaku akan tetap melaksanakan tugasnya dalam memimpin sidang. Salah seorang hakim di Pengadilan Negeri Medan, Jonny Sitohang menyatakan, para hakim tetap melakukan aktivitas persidangan seperti biasa dan tidak terpengaruh adanya rencana aksi mogok sidang. "Kalau ada hakim yang menuntut kesejahteraan, itu hak mereka," katanya, Kamis (29/3/2012).

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Medan Erwin Mangatas Malau mengatakan, ancaman mogok tidak terjadi di Medan karena Mahkamah Agung sudah memperjuangkan aspirasi para hakim ke pemerintah. "Kita harapkan perhatian Pemerintah, toh MA telah memperjuangkannya. Kalau belum direspons, ya kita bersabar," tegasnya.

Seruan mogok sidang ini pertama kali di-'bunyikan' salah seorang hakim Pengadilan Negeri Aceh Tamiang karena hampir empat tahun gaji hakim tidak naik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com