Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Aksi Demo, Yogya Siaga I

Kompas.com - 26/03/2012, 13:42 WIB
Sutarmi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya aksi demonstrasi mahasiswa dan kelompok masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat aparat keamanan mengambil langkah untuk tetap menciptakan kenyamanan dan keamanan di kota ini.

Mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan, Korem 072 Pamungkas menetapkan status Siaga 1 untuk wilayah Yogyakarta. Status Siaga 1 ini diberlakukan terhitung mulai Kamis (22/3/2012) hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. "TNI berkepentingan dan terpanggil untuk menjaga serta melindungi bangsa dari berbagai bentuk ancaman," kata Komandan Korem 072 Pamungkas, Kolonel (Kav) Sumedy, sebelum melakukan Apel Siaga Prajurit Korem 072, Senin (26/3/2012).

Terkait keterlibatan TNI dalam pengamanan aksi demonstrasi, Sumedy mengatakan, keharusan bagi prajurit TNI untuk memelihara kesiapannya dengan baik, yang dilakukan setiap saat. "Kamtibmas merupakan domain dari Polri, tetapi Polri juga punya keterbatasan kemampuan tidak menutup kemungkinan akan meminta tugas perbantuan pada TNI, TNI harus siap," tegas Sumedy.

Sumedy menuturkan, TNI berkepentingan dan terpanggil untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, melindungi segenap tumpah darah dan bangsa Indonesia terhadap berbagai bentuk ancaman sesuai undang-undang dan tugas pokok TNI. "TNI tidak berpolitik praktis, dan senantiasa mendukung terciptanya suasana aman dan kondusif guna terwujudnya pembangunan nasional menuju cita-cita nasional yang berkesinambungan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Sumedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com