Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Kenaikan Harga BBM, Beli Bensin Rp 500

Kompas.com - 15/03/2012, 18:16 WIB
M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Aksi mahasiswa di Solo untuk memprotes rencana kenaikan harga BBM pada Kamis (15/3/2012) juga dilaikukan di salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SBPU). Saat mengisi bensin di SPBU Pabelan, Sukoharjo, mereka membeli bensin sebesar Rp 500 saja.

Tindakan tersebut dilakukan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) usai melakukan pawai keliling kota Solo untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Mahasiswa masuk dalam antrean dan hanya memberikan uang Rp 500 perak kepada petugas. Tidak semua membeli dengan Rp 500 perak. Beberapa membeli dengan uang Rp 1.000. Sembari menunggu antrean, beberapa mahasiswa menunjukan koin mereka sambil mengatakan seharusnya harga bensin Rp 500.

 

Meski kewalahan, petugas SPBU yang baru saja direnovasi melayani para mahasiswa. Orasi pun terus dilakukan dan aksi ini pun menjadi tontonan petugas SPBU dan warga sekitar.

Sementara itu, manajer SPBU, Mulyani, sempat kaget akan aksi yang digelar di SPBU yang dikelolanya. "Saya khawatir kalau terjadi keributan, karena SPBU ini baru saja direnovasi," katanya. Mulyani pun sependapat dengan mahasiswa karena khawatir akan terjadi kerusuhan apabila terjadi kenaikan harga BBM.

Usai membeli bensin, mahasiswa membokir jalan yang berada di depan SPBU, yang merupakan jalan utama Solo-Yogyakarta. Kemacetan sempat terjadi karena aksi berada di tengah jalan. Pihak kepolisian pun dibuat kerepotan karena mahasiswa berganti memblokir jalan dari arah Yogyakarta-Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com